Hal Penting Dilakukan Setelah Install Ulang Operasi Sistem

25 Januari 2019 Tutorial Komputer


Pernahkah Anda melakukan install ulang pada komputer/laptop Anda? Jika belum, alangkah baiknya Anda mengetahui ini agar komputer Anda tetap aman. Install ulang operasi sistem, khususnya pada OS Windows XP dan Windows 7, sangat diperlukan jika operasi sistem pada komputer/laptop mengalami kerusakan atau corrupt yang diakibatkan oleh program berbahaya, virus, maupun spyware.

Berikut hal penting yang dapat Anda lakukan setelah install ulang operasi sistem:
1. Menginstal Antivirus. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal antivirus. Mengapa pertama? Sebelum menginstal program lain, Anda terlebih dahulu harus mengamankan sistem operasi dari bahaya virus. Dikawatirkan ada program yang akan Anda instal terinfeksi virusnya.

2. Menginstal Driver. Urutan kedua adalah menginstal driver komputer. Semua drive harus diinstal agar komputer berjalan normal. Sebaiknya Anda menginstal langsung dari CD/DVD yang disertakan sewaktu membeli hardware/komputer. Jika menginstal dari drive yang Anda copy ke dalam komputer, ada kemungkinan sudah terinfeksi virus.

3. Instal Program Aplikasi. Setelah langkah di atas, barulah menginstal program aplikasi. Installah aplikasi yang memang Anda butuhkan, bukan sekedar coba-coba.

4. Lakukan Setting yang Diperlukan. Pada langkah ini, silahkan lakukan setting yang Anda butuhkan, misalkan pengaturan tampilan desktop, program mana yang diisikan pada star-up windows, setting jaringan atau yang lain yang Anda butuhkan.

5. Bersihkan File Sampah. Ketika proses instal program sering ada file sementara yang tidak dibutuhkan setelah proses instal (tempory files). File-file ini harus di buang. Gunakan software seperti Tune-Up Utilities untuk membersihkan sampah ini.

6. Defragment Drive System Operasi. Langkah terakhir yang tidak boleh diabaikan adalah merapikan kembali file-file yang mungkin berantakan selama Anda melakukan 5 proses sebelumnya. Silahkan defrag drive sistem operasi komputer Anda.

Catatan: Dalam proses di atas apabila Anda diminta me restart komputer, Anda harus restart, jangan ditunda.

Nah, itulah hal penting yang dapat Anda lakukan setelah melakukan install ulang pada komputer atau laptop. Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)