Hal-Hal yang Harus di Waspadai Pengguna PC

30 September 2019 Tutorial Komputer


Kemajuan dan perkembangan dunia IT sangat cepat. Hampir semua bidang kehidupan memanfaatkan teknologi IT. PC dan Internet menjadi sesuatu hal yang sangat penting. Namun segala kemudahan itu justru membuka celah kejahatan cyber. Ketika script jahat (virus komputer) mengincar dan menyerang semua data komputer. Berikut yang merupakan ancaman untuk para pengguna PC:

1. Malware, yaitu program komputer yang diciptakan dengan maksud dan tujuan utama mencari kelemahan software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem. Contoh dari malware adalah Virus, Worm, Wabbit, Keylogger, Browser Hijacker, Trojan Horse, Spyware, Backdoor, Dialer, Exploit dan rootkit .

2. Adware: Bersarang pada PC dan memborbardir anda dengan iklan.

3. Bots: Memungkinkan mafia internet mengendalikan PC anda. Melalui jaringan Bots mereka melakukan serangan dan mengirimkan spam.

4. Backdoor: Membuka backdoor dalam sebuaj sistem yang telah diserang dan memungkinkan sebuah akses baru.

5. Trojan: Pengembangan lanjut backdoor dengan serangkaian fungsi kendali dan manipulasi.

6. Spyware: Membaca data pribadi termasuk password atau nomor kartu kredit. Tool ini kemudian meneruskannya ke mafia internet.

7. Worm: Malware kecil yang menyebarkan diri melalui internet dan memanfaatkan celah dalam sistem.

8. Virus: Dalam arti klasiknya tidak berubah. Bertujuan menyebarkan diri dan merusak data dengan menimpa atau memodifikasi file.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)