Fungsi Dibalik Tombol Berlogo Windows di Keyboard

27 Agustus 2016 Tutorial Komputer


Tombol yang berlogo windows pada keyboard standar memiliki banyak fungsi jika dikombinasikan dengan beberapa tombol lainnya di keyboard. Kombinasi ini tentunya akan mempermudah Anda menggunakan komputer Anda untuk mengakses beberapa program atau fitur pada sistem operasi Windows.

Berikut fungsi dari tombol yang berlogo windows di keyboard:
1. Meminimize semua halaman yang terbuka

Minimize adalah bukanlah menutup jendela yang sedang terbuka, namun hanya menyimpan jendela program yang sedang terbuka dibalik background, yang bisa Anda akses kembali di bagian bawah jendela Windows Anda yang tepatnya di taskbar. Kombinasi antara tombol pada keyboard yang berlogo Windows ini adalah ‘Windows + M’. Fungsi dari shortcut kombinasi keyboard ini adalah untuk mempermudah Anda dalam melakukan minimize jendela pekerjaan yang sedang terbuka, secara keseluruhan. Cara ini tentunya akan lebih cepat dibanding Anda harus meminimize satu persatu jendela dari program atau explorer yang terbuka.

2. Membuka jendela Windows Explorer dengan cepat
Fungsi yang kedua ini sepertinya sudah dikenal di masyarakat. Kombinasi dari tombol ‘Windows + E’ pada keyboard komputer adalah untuk membuka jendela Windows Explorer. Windows Explorer ini merupakan jendela yang akan menampilkan semua file-file yang tersimpan di dalam komputer Anda, tepatnya berada pada hardisk Anda. Windows Explorer ini biasanya dikenal juga di masyarakat sebagai My Computer.

3. Membuka menu RUN
Pada menu RUN ini sebenarnya sebagai shortcut untuk membuka beberapa program tanpa harus mencarinya lagi pada daftar All programs atau pada layar desktop Anda yang mungkin saat ini sudah berantakan dan penuh dengan berbagai macam shortcut. Seperti contohnya untuk membuka program MS. Word, Anda cukup menekan tombol ‘Windows + R’ untuk membuka menu RUN, lalu ketikkan "winword" pada kolom yang disediakan, dan tekan tombol ‘Enter’. Maka program MS. Word pasti akan langsung terbuka.

4. Kembali pada jendela logon
Kombinasi tombol keyboardnya adalah ‘Windows + L’, dan Anda pun akan kembali pada menu Logon. Jika Anda memasangkan password pada Windows Anda, maka Anda harus memasukkan kembali password untuk kembali masuk ke dalam Windows. Cara ini bisa Anda gunakan pada komputer Anda, jika memang saat Anda bekerja dan ingin meninggalkan komputer Anda sementara waktu, tanpa harus mematikan komputer. Jadi, jika ada orang yang ingin menggunakan komputer Anda, harus memasukkan lagi password.

5. Berpindah dengan mudah ke program lain yang sedang terbuka
Kombinasi dari tombol ‘Windows + TAB’ pada keyboard Anda, memiliki fungsi untuk menampilkan daftar program yang sedang terbuka dalam tampilan yang keren seperti 3D untuk pengguna Windows 7. Silahkan saja Anda tekan tombol ‘Windows + TAB’ untuk melihat apa yang akan tampil pada layar komputer Windows Anda. Dengan cara ini tentunya Anda tidak perlu lagi untuk mengklik program tersebut untuk berpindah. Anda cukup menekan kombinasi tombol tersebut, lalu tekan tombol TAB saja untuk berpindah program, tapi jangan lepas tombol ‘Windows’ sampai Anda menemukan program tersebut.

6. Membuka menu pencarian
Jika Anda memang ingin mempersingkat waktu pencarian Anda, maka kombinasi tombol ‘Windows + F’ akan mempermudah Anda untuk membuka menu search, dan langsung saja Anda ketikkan nama fiel yang Anda cari tersebut.

7. Untuk melihat spesifikasi singkat dari komputer
Memang pada komputer dengan sistem operasi Windows, ada beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi komputer misalnya, bisa melalui ‘dxdiag’ atau pun mengklik kanan pada ‘My Computer’ dan memilih Properties atau dikenal dengan nama "Basic Information". Nah, untuk mempermudah Anda masuk pada menu Basic Information tersebut, silahkanAnda tekan tombol ‘Windows‘ + ‘Pause/Break‘. Pada menu ini juga Anda bisa melihat apakah Windows yang digunakan tersebut sudah diaktivasi.

Itulah fungsi rahasia dibalik tombol shortcut yang berlogo windows di keyboard.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)