Fungsi dan Keuntungan Screensaver bagi Komputer

2 April 2018 Tutorial Komputer


Screensaveradalah gambar atau pola yang muncul di layar saat Anda tidak menggunakan mouse atau keyboard dalam waktu yang ditentukan. Gambar atau pola ini bisa berupa animasi yang terbang berkeliling atau sebuah logo . Anda juga bisa mengatur screensavermu menjadi pesan 3D yang terbang mengitari layar komputermu.

Dulunya, screensaver diciptakan untuk mencegah fosfor yang terkandung dalam layar CRT (Cathode Ray Tube) dan Plasma terbakar (burn-in) dengan cara mengosongkan layar (Blank) atau dengan manjalankan gambar atau pola bergerak saat komputer sedang tidak gunakan. Karena saat komputer menampilkan gambar yang sama untuk waktu yang lama, akan merusak lapisan fosfor di dalam monitor (lapisan fosfor membantu menciptakan gambar dengan kualitas yang baik) dan untuk itulah muncul ide pemberian nama "screensaver" atau 'penyelamat layar'. Layar CRT yang modern mempunyai kemungkinan burn-in yang lebih kecil dibanding layar CRT lama karena teknologi lapisan fosfor yang semakin maju. Berbeda dengan layar CRT, layar LCD tidak mengalami burn-in, karena gambar yang diciptakan tidak langsung diciptakan dengan fosfor.

Berikut kegunaan dan keuntungan screensaverbagi komputer, yaitu:
1. Keamanan

Pengguna komputer masih diuntungkan dengan fitur keamanan dari screensaver. Anda dapat mengatur screensaver untuk meminta password setelah muncul screensaver atau tidak aktif selama waktu yang ditentukan, mencegah akses seseorang yang tidak diinginkan masuk me-resume komputermu, saat Anda sedang pergi.

2. Dekorasi dan Hiburan
Sekarang kebanyakan orang menggunakan screensaver untuk dekorasi dan juga hiburan. Seperti merubah tampilan komputer menjadi pemandangan indah dengan air terjun yang bergerak, kupu-kupu terbang, atau screensaver jam digital yang terlihat klasik, modern, sampai futuristik. Tentunya, Anda bisa mendownload banyak screensaver menarik, gratis dari internet.

3. Mengaktifkan Task di Background
Salah satu penggunaan screensaver yang sangat populer adalah untuk mengaktfkan background task seperti scan antivirus, defragment hard disk, atau membuat index yang membutuhkan banyak memori untuk menjalankannya. Cara ini sangat berguna karena aplikasi ini hanya berjalan saat komputer sedang tidak dipakai.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)