Fungsi Bluetooth yang Jarang Diketahui

1 Agustus 2016 Tutorial Komputer


Bagi sebagian orang, Bluetooth digunakan mungkin hanya untuk saling berbagi file sesama perangkat smartphone yang memiliki fitur Bluetooth juga. Tapi, fungsi dari Bluetooth sebenarnya tidak hanya itu saja. Masih ada beberapa fungsi rahasia dari Bluetooth yang masih sangat jarang diketahui, dan berikut beberapa fungsinya.

Memindahkan file

Semakin canggihnya teknologi saat ini, sehingga mempermudah para penggunanya untuk bisa menyimpan data dengan mudah. Salah satu fungsi dari Bluetooth inilah yang mempermudah proses penyimpanan data ini seperti pada perangkat kamera digitial dan juga handycam. Kini Anda bisa dengan mudah untuk memindahkan data-data yang ada di dalam perangkat kamera digital ke dalam laptop atau smarpthone Anda hanya dengan menggunakan Bluetooth. Tapi, pastikan perangkat kamera atau handycam Anda memang support dengan Bluetooth untuk bisa saling bertukar file.

Bisa dimanfaatkan untuk sharing internet (Bluetooth Tethering)

Fitur tethering merupakan fitur yang mempermudah Anda untuk saling berbagi koneksi internet dengan perangkat lainnya. Fitur ini biasanya terdapat pada perangkat smartphone. Untuk Anda yang memang bermurah hati untuk berbagi fasilitas internetnya, maka yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan fitur Bluetooth tethering ini. Fitur ini tidak seperti fitur hotspot yang biasa digunakan di perangkat smarpthone. Anda hanya cukup memberi tanda centang pada fitur Bluetooth tethering di smarpthone Anda jika tersedia.

Bisa untuk melakukan print file

Mencetak dengan menggunakan kabel USB sekarang ini memang masih banyak yang menggunakannya. Nah, bagaimana jika yang ingin dicetak ada di dalam perangkat smartphone jadi harus dipindahkan dulu ke dalam PC atau laptop. Dan, jauh lebih repot lagi jika PC atau laptop Anda jauh dari printer, sehingga kabel USB dari printer tidak bisa menjangkau. Jadi, fungsi dari Bluetooth yang mungkin masih jarang diketahui adalah bisa mencetak/print langsung dari perangkat komputer smartphone, tablet, iPad, dan juga laptop. Sekarang ini sudah banyak sekali printer yang sudah support dengan Bluetooth.

Menghubungkan dengan proyektor portable

Proyektor yang masih menggunakan kabel tentunya akan menyusahkan Anda untuk bergerak saat melakukan presentasi. Nah, dengan bantuan fitur Bluetooth yang kini sudah terpasang pada beberapa proyektor portable tentunya akan memudahkan Anda untuk melakukan presentasi bahkan hanya dengan menggunakan perangkat smarpthone Anda.

Nah, itulah beberapa fungsi dari Bluetooth yang jarang di ketahui. Jika masih ada fungsi lain lagi, silahkan Anda bagikan di kolom komentar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)