Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Internet

25 September 2019 Tutorial Komputer


Koneksi Internet lambat ? loading lama ? siapa sih yang mau internetnya berjalan lambat , pasti akan sangat menjengkelkan dan membuat kita marah saat mengakses internet karena lamanya proses koneksi internet. Pernahkah Anda berpikir, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan dari sebuah koneksi Internet? Sering kali menemukan kasus Internet lambat, padahal sudah menggunakan paket yang paling mahal, atau bahkan tidak mendapatkan sinyal. Nah, kali ini kesekolah.com akan membahas apa saja faktor penting yang mempengaruhi kecepatan dari sebuah Internet. Apa saja faktor-faktornya?

Lokasi

Lokasi merupakan alasan utama mengenai cepat atau lambatnya sebuah Koneksi Internet. Semakin bagus lokasi, maka semakin baik pula transmisi data yang terjadi.

Sinyal

Hampir sama pembahasannya, Sinyal tentu juga tergantung Lokasi, semakin bagus lokasi, terutama dekat dengan BTS Provider tersebut, maka semakin bagus pula koneksi internet yang didapat.

Provider Penyedia Internet (ISP)

Ini krusial. ISP selalu menjadi aktor penting dalam jalannya sebuah Internet, tentu dengan memilih ISP yang pas dan tepat dengan kondisi lokasi serta penerimaan transmisi sinyal akan menjadi hal yang disarankan.

Komputer Yang Digunakan

Komputer yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang Anda gunakan semakin baik koneksi internet Anda.

Nah, inilah beberapa faktor umum yang sangat mempengaruhi kecepatan Internet. Jadi kita tidak bisa hanya mengandalkan satu faktor saja, karna masih banyak faktor faktor lain yang harus diperhatikan. Semoga Bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)