Deteksi Kerusakan Harddisk Anda dengan Aplikasi Ini

4 November 2019 Tutorial Komputer


Komputer ataupun laptop saat ini sudah banyak beredar berbagai macam. Walaupun saat ini sudah banyak yang memilikinya, namun masih sedikit orang yang tahu bagaimana cara membenahi sebuah komputer jika sesuatu komponen rusak. Beberapa orang mengalami hal ini, dan langsung membawanya ke tukang reparasi atau teknisi komputer. Hal tersebut memang tidak disalahkan, namun sebenarnya kita bisa mendeteksi gejala awal apa yang terjadi pada komputer kita. Misalnya pada kerusakan harddisk, kita bisa mendeteksinya dengan beberapa cara. Hal yang paling mudah adalah menggunakan sebuah software. Nah, ada beberapa software yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi kerusakan hard disk.

CrystalDiskInfo

CrystalDiskInfo adalah salah satu aplikasi berbasis S.M.A.R.T. yang dapat kita gunakan untuk analisis gejala awal kerusakan hard disk. Kelebihan dari aplikasi ini adalah, Anda tidak hanya bisa menggunakan aplikasi ini untuk hard disk internal, namun Anda juga dapat menggunakannya untuk hard disk yang berbasis USB dan juga IEEE1394. CrystalDiskInfo menampilkan berbagai macam informasi mengenai harddisk Anda, mulai dari informasi yang singkat hingga informasi yang sangat mendetail seperti informasi temperatur, read/write errors, power management tools, dan lainnya. Namun ada salah satu kelemahannya, yaitu aplikasi ini berjalan pada background, sehingga akan sedikit memakan proses dari prosesor Anda.

HD Tune

HD Tune juga bisa digunakan untuk mendeteksi kerusakan awal hard disk. Hanya saja, aplikasi ini lebih simpel dari sebelumnya. Keunggulan dari aplikasi ini adalah dengan adanya fitur seperti benchmarking, advanced diagnostic, dan beberapa fitur lain yang terdapat di aplikasi CrystalDiskInfo. Aplikasi HD Tune ini juga menggunakan teknologi berbasis SMART yang dapat kompatibel dengan segala macam jenis harddisk.

HDD Health

HDD Health juga aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa kerusakan hard disk. Fitur yang terdapat pada aplikasi ini diantaranya adalah fitur temperatur, real time monitoring, health indicator, dan beberapa fiturlainnya. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dengan adanya fitur health indicator yang akan membantu Anda untuk menampilkan keadaan hard disk dalam bentuk presentase. Aplikasi ini bisa menjadi pertimbangan untuk menganalisa gejala awal kerusakan hard disk Anda.

HDD Scan

Satu lagi aplikasi yang bisa digunakan, yaitu aplikasi HDD Scan. Seperti aplikasi sebelumnya, HDD Scan juga mendukung berbagai macam HDD, karena memiliki fitur SMART. Aplikasi ini juga memiliki beberapa macam mode yang bisa anda gunakan untuk analisis, yang dinamai advanced testing, seperti reading, writing, dan erasing.

Semoga bermanfaat...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)