Dasar-Dasar Perintah yang Ada Command Prompt

13 Juli 2015 Tutorial Komputer


Command Prompt adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline, dan aplikasi ini bisa juga disalahgunakan oleh seorang cracker untuk menjalankan aksi-aksinya hanya dengan menggunakan command prompt. Maka dari itu sebagai langkah antisipasi bagi Anda sebagai user adalah dengan mengenal lebih jauh tentang seluk beluk dari command prompt agar bisa memahami cara kerja dan manfaatnya, salah satu dari sekian banyak manfaat dari command prompt adalah kemampuannya untuk mendeteksi adanya virus, memisahkan virus dengan file yang diinfeksinya, mencari file induk virus hanya dengan perintah ATTRIB .

Ikuti langkah langkah berikut untuk memulai mengunakan Command Prompt:
1. Klk Start
2. Pilih Run
3. Klik CMD Kemudian Tekan Enter Atau bisa juga dengan menekan tombol WinKey + R
4. Maka akan tampil gambar seperti ini.


Berikut bebrapa dasar-dasar perintah yang ada di Command Prompt
1. Melihat Directory/Folder Aktif

Untuk melihat perintah-perintah DIR ketik aja DIR /? Lalu tekan enter nanti akan keluar perintah-perintahnya. Ketika kita ketik perintah DIR lalu enter nanti akan keluar semua directory yang aktif. Bisa juga dengan perintah DIR /AH lalu tekan enter nanti akan keluar folder-folder yang ber attribute hidden ataupun superhidden dan masih banyak lagi perintah-perintah yang lain yang lebih unik.

2. Masuk Ke directory
MIsalnya mau masuk Ke folder yang berada di drive D: Ketik CD coba atau bisa juga dengan mengetik CD lalu tekan tab, nanti akan keluar daftar-daftar folder ataupun file yang aktif lalu tekan enter. Jika ingin kembali ke folder sebelumnya ketikkan CD .. Lalu enter bisa juga dengan perintah CD \ lalu enter.

3. Membuat Direcrory
Syntax penulisannya MKDIR drive nama_folder_yang_mau_dibuat contoh: Mau membuat folder dengan nama Deso di drive D: ketik aja MKDIR D: \Deso tekan enter. Setelah selesai di enter coba lihat di Drive D: jika tidak ada kesalahan pasti di drive D: ada folder yang bernama Deso.

4. Menyalin file / mengcopy file
Syntaxnya COPY file_yang_mau_dicopy Alamat_tujuan. Contoh ingin mengcopykan file gambar.jpg yang berada di Drive D: di folder Deso mau kita copikan ke drive C: Ketik COPY D: \Deso\gambar.jpg C: lalu enter. Nah kalau berhasil File gambar.jpg akan berada di Drive C.

5. Memindahkan File
Syntaxnya MOVE file_yang_mau_dicopy Alamat_tujuan. Contoh ingin memindahkan File tugas.doc yang berada di Drive D: mau dipindahkan ke Drive D: Di folder Tugas. Ketik perintah MOVE D: \tugas.doc d: \Tugas kemudian tekan enter.

6. Menghapus File dan Folder
Syntax menghapus file Del Drive: \file yang akan dihapus dan syntax menghapus folder RMDIR Drive: \file yang akan dihapus. contoh ingin menghapus file table.doc di drive D: Ketik DEL d: \tabel.doc. dan menghapus folder Gambar Di Drive D: ketik RMDIR D: \gambar tekan enter.

Semoga bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags