Cara Singkat Menggunakan Flashdisk Menjadi Ram

13 Februari 2019 Tutorial Komputer


RAM atau Random Access Memory adalah memori yang berguna untuk mengalokasikan berapa banyak memori yang akan digunakan oleh suatu aplikasi yang berjalan di komputer. Jika komputer mempunyai RAM yang mempunyai kapasitas banyak, mungkin aplikasi yang berjalan di komputer akan berjalan normal. Namun jika ternyata RAM yang ada di komputer hanya mempunyai memori yang sedikit, tentunya akan sangat berpengaruh terhadap aplikasi yang sudah terinstal di komputer kita, yaitu prosesnya lambat atau tidak maksimal.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa menambah kapasitas RAM komputer. Namun untuk menambah RAM komputer, biasanya Anda akan dikenakan biaya sekitar 100 ribu rupiah bahkan lebih. Ada alternative lain jika Anda ingin membuat RAM virtual untuk komputer Anda, yaitu menggunakan flashdisk.

Sebelumnya ada hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan flashdisk menjadi RAM, yaitu:

  • Jangan mencabut flashdisk atau menggunakan flashdisk jika flashdisk sedang digunakan sebagai RAM virtual.
  • Gunakan flashdisk dengan kapasitas minimal 255 MB dan maksimal 4GB.
  • Jika RAM komputer dirasa sudah cukup, jangan menggunakan flashdisk sebagai RAM virtual komputer.
  • Jangan terlalu sering menggunakan flashdisk untuk RAM.


Jika Anda sudah mengetahui hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan flashdisk untuk RAM, berikut cara membuat RAM dari flashdisk di Windows tanpa bantuan dari software.


1. Siapkan flashdisk yang akan digunakan sebagai RAM virtual. Kemudian colokkan ke komputer.
2. Tunggu hingga komputer Anda mendeteksi flashdisk. Setelah itu buka windows explorer, klik kanan pada device flashdisk pilih properties.

3. Pada jendela properties, pilih tab ReadyBoost. Tunggu hingga beberapasaat, karena komputer akan mengecek apakah flashdisk Anda memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai RAM virtual. Jika RAM Anda memenuhi, maka komputer akan menyediakan ceklist.
4. Jika flashdisk Anda tidak memenuhi kapasitasnya karena penuh dengan data atau program, Anda bisa memindahkan sementara data atau program tersebut dari flasdisk ke komputer.
5. Pilih atau centang pada pilihan Use this device, lalu atur kapasitas yang ingin Anda gunakan untuk RAM.

6. Lalu klik Apply, kemudian OK.

Kini flashdisk Anda sudah berfungsi menjadi RAM virtual. Cara ini juga bisa berfungsi pada kartu memori (eksternal memory) seperti SD card atau Memory Stick Micro. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)