Cara Shutdown dan Restart Komputer dengan Menggunakan Tepukan Tangan

2 September 2016 Tutorial Komputer


Memiliki PC atau laptop yang bisa dimatikan dengan hanya menepukkan tangan tentunya akan terlihat sangat canggih. Anda ingin punya komputer dengan teknologi seperti itu? Cara cukup mudah dan tidak perlu membeli perangkat komputer baru, bahkan gratis juga. Caranya bisa Anda lakukan seperti di bawah ini.

Hal pertama dengan menyiapkan software yang bernama SleepMoon Express. Software ini membutuhkan spesifikasi komputer sebagai berikut:

*. Processor berkecapatan 800MHz
*. Kapasitas hardisk minimal 20MB
*. Untuk RAM juga hanya 64MB
*. Kompatibel dengan sistem operasi Windows dari versi 95 hingga Windows 7 64bit.

Jika sudah memiliki software SleepMoon Express, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengikuti cara penggunaannya agar Anda bisa mencoba trik shutdown atau restart komputer dengan hanya tepukan tangan saja.

1. Instal program SleepMoon Express tersebut pada perangkat komputer PC atau laptop Anda. Dan jalankan programnya jika sudah selesai diinstal.
2. Pada jendela awal program ini, silahkan Anda pilih salah satu opsi perintah atau command seperti, Shutdown, Logoof, Restart dan lain sebagainya.


3. Jika Anda telah memilih salah satu opsi yang akan diperintahkan, maka selanjutnya adalah mengklik pada menu Sound Activation Console.


4. Di dalam menu Sound Activation Console ini, Anda bisa memulai proses normalisasi dengan mengklik pada Start Normalization Process.
5. Setelah itu, tunggu hingga prosesnya sampai 100%. Pada saat proses ini berjalan, Anda harus memastikan kalau tidak ada suara-suara lainnya yang mengganggu, apalagi kalau suara tersebut terlalu besar. Anda bisa melihat indikator suaranya di sebelah kiri atas, dan pastikan indikator suara tersebut tidak melebihi angka 5%.
6. Anda bisa juga melakukan settingan untuk seberapa keras suara tepukan nantinya agar perintah shutdown atau restart sesuai yang telah Anda pilih sebelumnya dikerjakan. Misalnya sebagai contoh Anda set pada 75%.
7. Setelah itu Anda save setting, kemudian klik pada opsi Hide Console Interface.
8. Pastikan microphone pada komputer PC atau laptop Anda dalam keadaan On atau hidup. Anda bisa melakukan pengecekan indikator dengan mencoba bertepuk tangan, dan perhatikan pada bar yang ada di bagian atas jendela program ini hingga berapa persen tingkat kebisingan dari suara tepukan tangan yang Anda hasilkan tersebut.
9. Setelah itu Anda kembali lagi pada menu utama, dan silahkan Anda coba untuk menepukkan tangan Anda, lalu lihat reaksinya. Jika komputer PC atau laptop Anda bekerja sesuai dengan perintah yang Anda masukkan di awal, entah itu restart atau shutdown maka artinya Anda sudah berhasil menggunakan program ini. Dan, PC atau laptop Anda pun sudah menjadi lebih canggih.

Program ini tidak hanya untuk shutdown atau restart saja, tapi Anda bisa melakukan perintah lainnya seperti menjalan program tertentu dan lain sebagainya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)