Cara Screenshot Print Screen atau Screen Capture

12 Maret 2015 Tutorial Komputer


Screen capture atau ada juga yang menyebutnya screenshot adalah mengambil gambar pada layar laptop atau komputer yang kemudian dapat didistribusikan dalam sebuah file image. Screen capture ini sangat berguna bagi Anda yang sering bekerja dengan cara mendemonstrasikan apa yang Anda kerjakan pada komputer, seperti tutorial komputer. Atau mungkin berguna juga bagi Anda yang ingin menunjukkan pada teman Anda seberapa bagusnya tampilan layar desktop Anda yang full customize dengan wallpaper yang cantik dan beberapa plugin tertentu yang semakin menambah layar komputer Anda makin sedap di pandang mata. Lalu bagaimana caranya untuk melakukan screen capture atau screenshot di laptop atau komputer anda?

Berikut ini ada 3 cara untuk melakukannya, yaitu:

1. Cara screenshot dengan snipping tool

Aplikasi sudah tertanam di windows 7 dan windows 8 dan aplikasi ini sering digunakan untuk screenshot di komputer atau laptop.
Caranya cukup mudah anda tinggal buka aplikasinya di menu start > all program >accessories > snipping tool. Dan cara menggunakanya cukup mudah anda langsung drag saja ke daerah yang ingin anda ambil menjadi gambar lalu ketika beres anda tinggal save hasilnya atau bisa anda coret - coret dengan pen tool yang tersedia sebelum anda save gambarnya, jika ingin membuat baru anda tinggal klik new jika tidak jadi mengambil gambar, anda tinggal klik cancel.

2. Cara print screen langsung dengan keyboard di komputer atau laptop

Memanfaat fasilitas keyboard pc atau pun laptop, lihat lah di sebelah kanan atas di layout ada tombol tulisanya prtsc sysrq atau prt scr contoh nya lihat gambar.

Langkah untuk print screen adalah anda klik tombol print screen di keyboard lalu anda buka paint di start > all program > accessories > paint. lalu anda tekan ctrl + v atau paste pada halaman kosong nya, maka nanti gambar yang tadi di print screen akan muncul, setelah itu anda bebas mu di edit dahulu atau langsung di save aja.
Anda bisa paste hasil dari print screen di aplikasi seperti corel draw atau photoshop dan alat editor gambar lainya, itu terserah dengan pilihan anda.

3. Cara screen capture dengan software

Screen capture adalah aplikasi untuk mengambil gambar aktivitas di desktop anda, cara menggunakanya cukup mudah anda tinggal buka aplikasinya lalu anda pilih mode kotak segitiga atau bentuk yang lainya, lalu anda drag saja di daerah yang akan anda ambil gambar nya selesai. untuk aplikasinya anda bisa download link di bawah ini: http://www.faststone.org/FSCapturerDownload.htm
pilih yang portable saja agar anda tidak perlu repot install ke komputer anda segala.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)