Cara Mudah untuk Kompres Gambar

16 September 2019 Tutorial Komputer


Mungkin kebanyakan orang masih belum tahu bagaimana cara mengecilkan gambar dengan mudah dengan beberapa klik. Mungkin juga orang masih menggunakan paint secara manual. Namun cara itu terlalu ribet dan lama. Nah, disini saya akan memberikan beberapa cara yang mudah dilakukan semua orang untuk mengecilkan gambar.

Cara ini menggunakan software yang sudah ada di OS sendiri, software tersebut adalah Microsoft Office Picture Manager. Software ini dapat digunakan dengan mudah untuk mengecilkan gambar atau memperbesar gambar. Hanya dengan beberapa klik saja, bisa langsung jadi. Oke, langsung ikuti saja langkah-langkahnya berikut ini:

1. Pilih gambar yang ingin anda kecilkan atau besarkan. Setelah memilih gambar, silahkan klik kanan, lalu pilih open with dan pilih Microsoft Office Picture Manager. Setelah Microsoft Office Picture manager terbuka, silahkan anda klik Edit Picture untuk mengedit gambar. Lalu akan muncul beberapa navigasi di kanan gambar.

2. Setelah Anda klik edit picture, pilih sesuai kebutuhan. Contoh disini untuk mengecilkan gambar, pilih resize picture.

3. Setelah Anda klik resize gambar, pilih sesuai keinginan Anda. Contoh dengan mengecilkan gambar menjadi 60% lebih kecil. Anda dapat memasukkan angka 60 di kolom tersebut. Jika sudah selesai, Anda dapat save gambar tersebut. Bisa dengan ctrl + s atau bisa dengan file lalu save. Sehingga nantinya gambar yang dikecilkan dapat tersimpan.

Nah, itu dia tutorial bagaimana cara mengecilkan gambar atau memperbesar gambar. Anda dapat mencobanya. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)