Cara Mudah Mengubah Default Vga Intel ke Nvidia pada Laptop

3 Agustus 2016 Tutorial Komputer


Pernah melihat laptop dengan 2 pilihan VGA yaitu Intel dengan nVidia? Laptop dengan 2 pilihan VGA biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan gaming. Pada beberapa setingan laptop, biasanya pemilihan untuk penggunaan VGA tersebut secara otomatis sesuai dengan kebutuhannya. Jika ingin bermain game, maka akan otomatis berubah ke nVidia, dan akan kembali ke VGA Intel jika untuk kebutuhan normal saja yang tidak membutuhkan proses grafis yang tinggi. Berbeda dengan PC yang pasti akan secara otomatis akan selalu menggunakan VGA Card sebagai CPU untuk tampilan grafisnya, baik untuk bermain game atau pun saat mengerjakan sesuatu yang standar-standar saja di PC. Tetapi, ada juga beberapa laptop gaming yang dilengkapi dengan 2 pilihan VGA tersebut, harus dipilih secara manual lagi untuk penggunaanya. Ini tentunya akan membuat Anda ribet jika ingin bermain game. Secara default VGA yang akan terbaca pertama adalah VGA default atau bawaan dari processornya yaitu Intel.

Nah, bagaimana cara merubah pilihan VGA default Intel menjadi nVidia di Laptop tersebut?
1. Yang harus Anda lakukan adalah dengan memastikan kalau driver dari kedua VGA tersebut sudah benar-benar terinstal dengan baik di laptop Anda baik untuk Intel dan juga nVidia.
2. Jika sudah terinstal dengan baik, maka silahkan Anda klik kanan pada desktop laptop Anda lalu pilih opsi "NVIDIA Control Panel".


3. Pastikan pula pada laptop Anda, sudah terinstal driver nVidia physX. Jika sudah terinstal maka di dalam nVidia Control Panel tersebut, akan muncul menu "Set physX Configuration". Silahkan Anda klik pada menu tersebut, lalu Anda pilih "Auto-Select (recommended)".


4. Kemudian Anda kembali lagi pada menu di atasnya yang bernama "Manage 3D Setting". Silahkan Anda klik pada tab Global Setting lalu set pada opsi "High-performance NVIDIA processor".


5. Jika semua langkah-langkah di atas telah selesai Anda lakukan, silahkan Anda klik pada tombol "Apply".

Nah, sekarang settingan VGA pada laptop yang Anda sudah menjadi default pada VGA nVidia. Anda pun tidak perlu lagi repot-repot untuk merubah VGA saat ingin bermain game dari Intel ke nVidia. Tetapi, jika memang Anda memiliki laptop dengan processor Intel Skylake, VGA dari Intel HD Graphic-nya juga sudah cukup lumayan kuat. Bahkan sudah bisa juga untuk menjalankan game-game berat sekelas game GTA V, walaupun memang diperlukan sedikit pengaturan pada Video Graphic-nya terlebih dahulu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)