Cara Mudah Mengoptimalkan Ram pada PC/ Laptop

15 Juli 2015 Tutorial Komputer


Sebagian dari kita mungkin ada yang merasa heran, kenapa memory RAM pada PC/ Laptop nya sudah besar tetapi kinerjanya tetap saja kurang maksimal? Logikanya jika semakin besar kapasitas RAM (Random Access Memory) maka akan meningkatkan kecepatan dan kinerja komputer Anda sehingga Anda dapat menjalankan lebih banyak program termasuk saat proses start up dalam waktu bersamaan.

Tetapi perlu Anda ketahui penggunaan aplikasi yang memerlukan memori besar seperti game, software desain atau ketika komputer digunakan dalam jangka waktu yang lama, biasanya akan membebani penggunaan RAM sehingga berakibat pada kinerja dari sistem komputer menjadi lambat alias lemot dan lebih parahnya lagi menjadi hang. Supaya masalah ini tidak terjadi pada Anda, Anda sebaiknya juga harus mengoptimalkan kinerja pada RAM itu sendiri, agar semua menjadi lancar.

Berikut langkah untuk mengoptimalakan RAM pada PC/ Laptop Anda:
1. Melalui Perintah "msconfig"

*. Buka "RUN". Caranya klik logo windows dipojok kiri lalu ketik "Run". Atau untuk lebih cepat bisa menekan Win+R pada keyboard Anda.
*. Setelah itu ketik "msconfig" pada kolom open. Kemudian tekan "Enter

*. Pilih Tab Boot.
*. Ceklis kolom "No Gui Boot
*. Untuk waktu Anda bisa ganti juga Time-outnya menjadi 3 seconds.
*. Setelah itu masuk Advance Options.
*. Gantilah "Numbers Of Processor" menjadi 2.
*. Jangan lupa beri ceklis pada "Maximum Memory"
*. Jika sudah selesai klik "OK" dan "Apply" Dan "OK" lagi.
*. Langkah terakhir restar komputer/laptop Anda.


2. Task Manager
Dengan Task Manager kita bisa melihat seluruh proses yang berjalan, kita bisa melakukan sorting dari penggunaan RAM yang terbesar hingga terkecil. Untuk membuka Task Manager Windows Anda dapat mengakses Task Manager dengan menekan Ctrl + Alt + Del atau meng klik kanan pada start taskbar dan pilih Task Manager. Maka anda akan melihat window yang menampilkan monitor keseluruhan proses aplikasi.

Untuk cara membaca informasi yang ada pada Task Manager dan mengoptimalkan penggunaan RAM adalah sebagai berikut:
*. Jika Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory, berarti komputer Anda membutuhkan RAM lebih besar. Saat Total Commit Charge lebih besar dari Total Physical Memory berarti komputer Anda secara teratur harus menggunakan Page File, yang akan membuat system menjadi lambat. untuk mengatasi masalah ini Anda harus membeli RAM untuk menambah kapasitasnya.
*. Jika Peak Commit Charge mendekati Limit Commit Charge, berarti Anda harus menambah RAM atau memperbesar ukuran dari Page File.

3. Mengatur Visual Pada Windows 7
Bila Anda mensetting visual menjadi "Best Performance", maka pasti ada perubahan tampilan pada komputer Anda, misalnya pada file yang berupa gambar yang biasanya menampilkan "icon Thumbnails" tidak akan menampilkan gambar, maka Anda perlu melakukan penyesuaian dengan mencentang beberapa setting sesuai kebutuhan.

Cara Setting Visual pada Windows 7:
*. Buka Start menu
*. Klik kanan Computer
*. Pilih "Properties" pada konten menu yang muncul
*. Pada panel kiri, pilih "Advanced system settings"
*. Lalu klik tab advace dan pada Performance, klik the "Settings"
*. Pada Tab "Visual Effects" Pilih "Adjust for best performance"

4. Mengurangi Color Quality.
Menggunakan warna 32 bit lebih banyak memakai memori dari pada menggunakan warna 16 bit. Jika komputer Anda biasanya digunakan untuk aplikasi bisnis dan kantor seperti word processor dan spreadsheet maka perbedaan antara warna 16 bit dan 32 bit tidaklah terlalu terlihat, jadi lebih baik turunkan saja color quality menjadi 16 bit.

Caranya:
*. Klik kanan di tempat kosong di desktop Anda
*. Properties
*. Settings kemudian di color quality box pilih 16 bit.

Itulah cara mudah memaksimalkan kerja RAM, semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)