Cara Mudah Mengetahui Suhu Processor Melalui Bios

23 Agustus 2017 Tutorial Komputer


Suhu processor yang meningkat dan melewati batas, biasanya akan membuat komputer selalu restart dengan sendiri. Penyebabnya biasanya karena kipas atau pendinginnya yang tidak bekerja dengan baik. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara mengecek suhu dari processor komputer, berikut cara yang mungkin bisa membantu Anda.

Bagi yang cukup berpengalaman dengan komputer baik itu PC atau pun laptop, pasti akan menggunakan cara ini untuk mengetahui berapa suhu dari processor komputer. BIOS Merupakan sistem operasi bawaan dari komputer, di mana sistem operasi tersebut tersimpan pada motherboard yang bisa Anda akses kapan pun selama Anda menyalakan power dari komputer. Bagi beberapa komputer seperti laptop atau pun PC biasanya memiliki tombol shortcut masing-masing untuk mengakses halaman dari BIOS ini. Biasanya beberapa PC menggunakan shortcut tombol keyboard "Delete (del)" jika yang menggunakan BIOS dengan AMIBIOS, AwardBIOS, dan lain-lainnya.


Perlu diketahui bahwa perubahan BIOS sekarang menjadi UEFI ini pasti akan membuat Anda bingung dengan tampilannya. Tampilan BIOS yang dulunya hanya berupa tulisan saja untuk diakses. Anda hanya bisa menggunakan keyboard saja untuk mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya, sedangkan mouse tidak akan dapat Anda gunaakn. Namun, untuk UEFI sekarang ini sudah klickable atau mendukung mouse, layaknya sistem operasi berbasis GUI.

Di manakah letak dari menu atau opsi yang menunjukkan suhu dari processor tersebut?


Jika, Anda telah berhasil masuk pada jendela BIOS atau UEFI komputer Anda, maka Anda bisa mencari menu yang bertuliskan PC Health Status. Lalu kemudian menuju ke menu System Health -> Hardware Monitor.

Nah, di dalam menu ini silahkan Anda cari opsi yang berhubungan dengan fan, frekuensi, temperature, atau sensor. Pasalnya, setiap BIOS pada komputer berbeda-beda nama menunya tergantung dari motherboard yang Anda gunakan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)