Cara Mudah Membuka Regedit di Windows

21 Juni 2016 Tutorial Komputer


Regedit atau Registry Editor merupakan sebuah program dari Windows yang menyimpan berbagai kode-kode file sistem dan juga program lainnya. Regedit ini biasanya digunakan untuk membantu dalam pengeditan file sistem dan juga program Windows. Jika, lebih mengenal regedit ini, maka Anda pun bisa menggunakannya untuk menghapus virus komputer secara manual. Cara normal dan biasanya digunakan untuk mengakses regedit ini adalah dengan menggunakan menu RUN. Tapi, perlu Anda ketahui bahwa masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengakses regedit ini dengan lebih mudah.

Berikut cara mudah membuka regedit di Windows, bahkan hingga versi Windows 10:
1. Search & Cortana

Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk membuka regedit di Windows. Kolom search yang bisa ditemukan pada saat membuka menu Start di Windows lalu ketik perintah Regedit, maka akan memunculkan program dari regedit tersebut. Tapi, jika Anda menggunakan sistem operasi Windows 10 yang terbaru saat ini, maka Anda cukup mengucapkan kata Regedit, dan dengan bantuan Cortana maka regedit pun akan dibuka tanpa harus mengetikkan perintah lagi.

2. CMD(Command Prompt)
Cara ini mungkin masih sangat jarang yang mengetahuinya. CMD di Windows ini memang bisa dikatakan sebagai Windows Explorer tapi dengan membutuhkan command atau perintah untuk membuka file dan folder di Windows. Nah, untuk membuka halaman atau program Regedit di Windows Anda cukup membuka Command Prompt dan mengetikkan " regedit " lalu tekan enter.

3. PowerShell
PowerShell ini seperti CMD, yang di mana kita bisa mengakses file atau program di Windows hanya dengan mengetikkan beberapa perintah saja. Untuk membuka regedit melalui PowerShell ini bisa Anda lakukan hanya dengan mengetikkan perintah " regedit " dan halaman regedit pun akan terbuka. Tampilannya pun sangat mirip dengan Command Prompt (CMD) yang hanya berisi background hitam dan teks berwarna putih. Membuka halaman powershell cukup dengan membuka menu RUN dan ketik " powershell " lalu tekan enter. Atau Anda bisa mencarinya pada kolom search start Windows Anda dengan nama "powershell".

4. File Explorer
Cara ini mungkin cara paling ribet, karena harus membuka beberapa folder di dalam sistem operasi Windows agar bisa sampai pada folder sistem untuk membuka program Regedit tersebut. File program Regedit ini bisa Anda akses dengan membuka folder C: WindowsSystem32, kemudian carilah file regedt32.exe.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka regedit di windows. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)