Cara Mudah Memasang Lagu di Blog Sendiri

26 Juni 2017 Tutorial Komputer


Banyak para Blogger memang sering memasukkan musik ke dalam blognya, yang katanya menambah estetika dari blog itu sendiri. Nah, jika memang Anda termasuk seorang Blogger yang sangat mendukung estetika dari sebuah blog, maka Anda bisa mencoba cara ini untuk menampilkan juga lagu-lagu kesukaan Anda pada blog Anda. Cara ini sangatlah mudah.

1. Buka alamat website scmplayer.net. Situs ini memang menyediakan layanan untuk menggenerate pemutar musik yang berbasis web yang tentunya dengan gratis. Semua kode yang telah tergenerate pada situs ini akan dengan mudah untuk dicopy kembali ke dalam situs atau pun blog Anda. Dukungan source codenya ini bisa pada untuk platform Blogger, Tumblr, Weebly, dan lain sebagainya.

2. Untuk tampilan, Anda bisa memilih sendiri sesuai dengan yang Anda sukai dengan cara klik pada tombol yang bertuliskan Choose Skin. Pemilihan skin ini sebenarnya hanyalah warna saja, tapi silahkan Anda pilih warna yang sesuai dengan tampilan blog Anda.


3. Selanjutnya adalah dengan berpindah ke tab yang ada di sampingnya yang bertuliskan Edit Playlist. Di tab ini Anda bisa memasukkan judul lagu dan juga serta pula streaming dari lagi tersebut. Anda bisa mengcopy link streaming tersebut dari halaman situs Youtube atau pun dari souncloud. Pastikan lagu tersebut merupakan dari link officialnya, atau lagu asli.


4. Jika tampilan playlist-nya selesai Anda buat, maka silahkan Anda klik pada tombol Next untuk berpindah ke tab Configure Settings. Di tab ini Anda bisa membuat daftar playlist sendiri untuk lagu-lagu kesukaan Anda. Jika sudah selesai, maka silahkan Anda klik pada tombol Done.


5. Selanjutnya Anda cukup klik pada Setup Wizard yang mana pada menu ini akan berisikan kode-kode html untuk memasukkan playlist yang Anda buat sebelumnya. Silahkan Anda copy kode yang telah tergenerate tersebut.


6. Buka halaman pengaturan atau Settings -> Template pada blog Anda. Di sini menggunakan Blogger.


7. Silahkan Anda pilih pada opsi Edit HTML, dan carilah kode


, lalu paste kode dari player tadi di bawah kode

tersebut. Jika Anda lebih sering mengutak atik tampilan dari blog Anda maka pasti akan lebih mudah untuk melakukan hal ini. Anda pun bisa menggunakan widget untuk mempermudah meletakkan posisi dari player musik tersebut. Setelah selesai, silahkan Anda klik pada opsi Save.

Itulah cara mudah untuk bisa memasukkan player musik ke dalam blog. Untuk lebih mengerti dan mengetahui lebih jauh, maka ada baiknya Anda mencoba sendiri dengan mengikuti cara di atas.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)