Cara Mudah dan Simpel Mengatasi Ram Tidak Terbaca di PC/Laptop

12 September 2018 Tutorial Komputer


Memilih sebuah PC/laptop, salah satu komponen penting yang harus Anda perhatikan adalah RAM. RAM sendiri berfungsi untuk membantu prosesor dalam melakukan proses komputansi. Dengan mengetahui tugasnya, maka Anda pasti paham betapa pentingnya sebuah RAM pada PC/laptop. Salah satu permasalahan RAM yang paling umum terjadi, yaitu RAM tidak terbaca. Mau tahu solusinya?

Cara mengatasi RAM tidak terbaca, yaitu cukup dengan menggosokkan penghapus karet pada bagian pin-nya untuk menghilangkan korosi. Apabila cara ini tidak membantu, maka dapat dipastikan chipset RAM sudah mengalami kerusakan dan tidak tertolong. Jika sudah tidak tertolong, Anda bisa coba melakukan RMA atau garansi. Karena pada umumnya, RAM memiliki masa garansi rata-rata saat ini adalah seumur hidup atau lifetime warranty. Jika sudah tidak garansi, maka mau tidak mau Anda harus membeli yang baru.


Cara tambahan mengatasi RAM tidak terbaca ini boleh Anda lakukan, meski tidak yakin jika yang bermasalah adalah RAM. Tidak ada salahnya dilakukan, karena cara ini sangat simpel dan cenderung tidak mengeluarkan tenaga ekstra. Misal, komputer Anda bluescreen. Kalau Anda bingung menebak-nebak bagian apa yang bermasalah, Anda bisa coba melakukan cara mengatasi RAM tidak terbaca ini. Apabila gagal, lakukan proses pemeriksaan lebih lanjut.

Jadi seperti itu cara mengatasi RAM tidak terbaca. Tidak sulit ternyata, cukup modal penghapus karet saja. Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)