Cara Merekam Video yang Sedang Diputar di Komputer

8 April 2017 Tutorial Komputer


Sudahkah Anda mencoba untuk merekam video yang sedang diputar di laptop?. Di era yang serba canggih seperti sekarang ini tersedia banyak sekali macam kegiatan yang ditampilkan dengan format video. Segala aktifitas tersebut dapat direkam dalam video dengan audio sehingga bisa disimpan dan dilihat ulang untuk memudahkan orang dalam memahaminya secara mendalam. Proses merekam video yang sedang diputar di komputer dikenal dengan istilah screen recording untuk cara melakukan screen recording dapat ditempuh dengan mudah menggunakan aplikasi yang sudah banyak beredar di situs-situs dalam internet. Dalam hal ini internet sangat berpengaruh sekali dalam hal seperti ini karena kita harus menggunakan sebuah aplikasi yang cukup terkenal.

Nah, salah satu aplikasi canggih yang mampu merekam video di komputer adalah aplikasi Free Screen recorder. Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara kerja aplikasi ini berikut caranya.

1. Anda harus mendownload aplikasi free screen recorder dan installah di komputer Anda.
2. Setelah itu buka aplikasi free screen recorder tersebut lalu klik tombol "general option" yang berfungsi untuk mengatur luas area layar pada desktop yang ingin direkam.
3. Setelah selesai memilih luas layar sesuai keinginan Anda melalui general option tadi, selanjutnya klik tombol yang berwarna merah untuk mulai merekam video yang sedang Anda putar.
4. Selanjutnya tekan tombol berwarna biru untuk mengakhiri proses perekaman video pada layar desktop komputer Anda.
5. Setelah Anda klik tombol biru tersebut, maka akan muncul tampilan layar penyimpanan. Sebelum menyimpan video tersebut sebaiknya Anda menentukan folder yang digunakan untuk menyimpan video tersebut terlebih dahulu agar lebih mudah mencarinya. Format video dari rekaman ini berupa avi yang bisa Anda putar dengan aplikasi windows media player atau aplikasi pemutar video lain yang sejenis.

Sebenarnya banyak sofware untuk merekam video di komputer namun yang masih terbaik adalah dengan menggunakan screen recorder yang masih terbaik untuk hal merekam video di dalam komputer, jika ada yang lebih baik dan mudah silahkan berbagai di kolom komentar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)