Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

10 April 2014 Tutorial Komputer


Laptop adalah benda yang saat ini sangat dibutuhkan, dan karena itu sudah banyak sekali orang yang memiliki dan menjadikannya sebagai penunjang berbagai aktivitas yang dilakukan, baik belajar maupun bekerja. Karena fungsi dan manfaatnya yang sangat penting, maka kita harus bisa menjaga dan merawat laptop agar tetap awet dan berfungsi dalam waktu yang cukup lama.

Segala peralatan yang kita pakai tentu memiliki umurnya masing-masing, umur itu biasa dinamakan tingkat ketahanan atau tingkat ke ausan dari barang, namun kita perlu mengetahui bahwa nilai penyusutan suatu barang bisa ditekan atau dihambat, hal ini juga berlaku pada laptop yang Anda gunakan, ketika membelinya pertama kali performanya tentu masih memuaskan, namun seiring waktu performanya semakin menurun karena usia dari perangkat tesebut. Ternyata merawat laptop tidak serumit merawat tubuh kita, dimana tubuh kita harus mendapatkan perawatan yang ekstra.

Berikut beberapa cara merawat laptop:
1.Bersihkan debu setiap tiga hari sekali

Laptop yang digunakan ataupun tidak sebaiknya tetap dijaga kebersihannya, ini bukanlah hal sepele, namun beberapa kerusakan perangkat dalam pada laptop dapat segera aus karena kondisi yang kurang terawat, apa lagi buat yang rutin menggunakannya dan seorang perokok, perlunya membeli kuas dan membersihkannya setiap kali telah digunakan akan sangat membantu dalam merawat laptop Anda.

2.Menjaga Ketahanan Baterai dan selalu menggunakannya
Baterai laptop adalah bagian yang paling sering terkena masalah, masalah yang paling sering ditemui pada laptop adalah usia ketahanan baterai yang kian menurun dari tahun ke tahun, perlunya mengetahui bagaimana cara menggunakan baterai dan cara mengecas yang baik akan membantu memperpanjang ketahanan laptop Anda. Sebaiknya Ketika masih baru Anda menjalankan laptop seperlunya, dan ketika menggunakannya jangan mencabut baterai dan menghubungkan langsung cas nya dengan listrik, ini karena baterai laptop tersebut berguna sebagai stabilizer saat tegangan masuk kedalam laptop, sehingga ketika terjadi ketidak seimbangan tegangan maka kondisi perangkat keras laptop akan tetap terjaga.

3.Jaga Laptop agar tidak terhimpit atau tertekan benda berat
Meletakkan barang dengan berat yang tidak mampu ditanggulangi oleh laptop akan membuat kondisi LCD laptop menjadi rusak, seperti yang kita ketahui bahwa komponen termahal dari sebuah laptop adalah LCDnya. Laptop sering kali dimasukkan kedalam tas, dan tas tersebut sudah sesak dengan buku-buku kuliah ataupun benda-benda lainnya. Cara yang baik membawa sebuah laptop adalah dengan memberi ruang yang agak lega pada tas agar laptop tidak terhimpit ataupun tertekan beban yang berat, membeli tas khusus untuk laptop akan sangat membantu perawatan pada LCD laptop Anda.

4.Penggunaan Cooling Pad agar kondisi udara Prosesor tetap terjaga
Cooling pada tidak hanya digunakan saat kondisi ruangan saat menggunakan laptop terasa panas, sirkulasi udara dibawah laptop terkadang terhambat oleh partikel-partikel ataupun debu yang berada dimeja, membantu sirkulasinya denga cooling pada akan sangat membantu mempertahankan suhu laptop Anda.

5.Usahakan agar laptop tidak tersiram benda cair dan menutupnya ketika telah digunakan
Kita terkadang menempatkan minuman disamping laptop, entah itu kopi, teh ataupun minuman lain, kehati-hatian agar tidak tumpah dan mengenai laptop akan membuat laptop tetap awet, tumpahan benda cair ini akan membuat korslet jika tidak mendapat penanganan secara cepat saat terjadi insiden tersebut. Menutup laptop setelah digunakan untuk menghindari benda tumpah pada bagian keyboard laptop Anda juga dapat menjadi tips tambahan yang baik untuk diterapkan, namun sebelumnya perlu kita ketahui bahwa jangan sering-sering menutup langsung laptop Anda ketika telah digunakan sampai kondisi suhu laptop agak dingin, hal ini terkadang dapat mempengaruhi LCD laptop Anda.

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara merawat laptop agar tetap awet. Silahkan dicoba dan dijadikan kebiasaan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)