Cara Merawat Charger dan Baterai Laptop Agar Awet

28 Oktober 2016 Tutorial Komputer


Sekarang ini laptop merupakan salah satu alat kebutuhan semua orang, entah itu untuk belanja online, membuat data, browsing dan lain sebagainya. Semua itu harus didukung oleh penggunaan laptop portable yang mudah dibawa kemana-mana dan dapat digunakan kapan saja bila dibutuhkan. Laptop tanpa charger atau baterai tidak akan berfungsi sama sekali, jadi berikut ini cara merwat bagaimana charger dan baterai laptop agar awet.

1. Usahakan jaga kondisi suhu baterai.
Jangan menggunakan baterai di tempat-tempat yang panas seperti di dalam sauna atau oven. Intinya usahakan berhenti menggunakan komputer jika baterai laptop sudah terasa panas. Karena panas dapat menurunkan daya tahan baterai.

2. Untuk baterai Lithium Ion atau biasa disebut Li-Ion.
Usahakan jangan menggunakan sampai benar-benar habis. Minimal ketika baterai sudah mencapai 10-20% segera lakukan pengecasan terhadap baterai.

3. Jika kita menggunakan laptop dengan jangka waktu yang lama.
Usahakan untuk melepas baterai ketika digunakan. Kecuali untuk laptop yang sudah memiliki auto cut-off listrik seperti laptop-laptop Macintosh dan Asus mereka akan memutus aliran listrik ke baterai jika baterai sudah terisi penuh.

4. Jika laptop akan disimpan dalam jangka waktu yang lama dan ingin menjaga keutuhan daya tampung baterai. Sisakan daya pada baterai sekitar 40% dan taruhlah di tempat yang kering.

5. Ingin baterai laptop tahan lebih lama dari biasanya?
Gunakan software power management untuk mengatur clockspeed processor agar daya yang digunakan laptop tidak begitu besar. Atau coba saja untuk meminimalkan cahaya LCD monitor, men-silentkan audio, mematikan Wifi & Bluetooth, mematikan CD Rom, mematikan software - software idle dan lainnya. Cara tersebut juga bisa membuat laptop lebih hemat baterai.


Dan berikut ini cara merawat adapter:

  1. Gulunglah adapter dengan baik dan benar, Jangan melilitkan pada kotak adapter.
  2. Jangan menggulung kabel dengan kencang.
  3. Pada saat menggunakan adapter, pastikan kabel tidak terjepit atau tertindih sesuatu. Karena bisa merusak kabel dalam.
  4. Jika adapter sering terputus - putus ketika digunakan, lebih baik segera ganti adapter. Karena adapter masih lebih murah dibandingkan membeli motherboard atau baterai baru.
  5. Hindarkan penggunaan pada stop kontak yang voltase listriknya naik turun, atau gunakan stabilizer.
  6. Jaga suhu adapter, beberapa adapter bawaan laptop jenis value sering kali melepuh ketika kepanasan.


Bagaimana? Cukup mudah bukan tips untuk merawat charger dan baterai laptop.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)