Cara Menyimpan File on Line

8 Februari 2015 Tutorial Komputer


Menyimpan file dengan ukuran bergiga-giga tentu akan membebani Flashdisk / Hardisk pada komputer kita. Solusi atas masalah tersebut adalah menggunakan layanan penyimpanan online di internet atau sering disebut cloud storage. Kabar baiknya, hampir seluruh situs penyedia penyimpanan file online yang ada di internet saat ini menggratiskan seluruh layanan cloud storage dan tidak tanggung-tanggung ruang (space) yang disediakan ada yang mencapai puluhan giga, bahkan sampai ada yang mencapai 25 GB.

Anda tentu penasaran bukan, apa dan bagaimana cara menyimpan file online di internet yang aman dan gratis ? Berikut ini 3 cara menyimpan file online di internet menggunakan 3 situs penyimpanan online yang berbeda pula tentunya:

1. Dropbox

2. Google Drive

3. OneDrive

CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN DROPBOX

Dropbox merupakan salah satu situs penyimpanan online yang bisa diintegrasikan langsung pada laptop / komputer dengan menggunakan software yang dinamakan Dropbox Client. Jadi, untuk menggunakan dan menyimpan file di Dropbox, hal pertama kali yang harus Anda lakukan adalah mendaftar / membuat akun di Dropbox lalu mendownload Software Dropbox Client dan selanjutnya tinggal Anda pilih file mana yang ingin diupload / disimpan di Dropbox.

Saat pertama kali menginstall dropbox, kita akan diberikan dua pilihan: Dropbox Standar dan Dropbox Business. Kedua jenis atau type dropbox tersebut memiliki kelebihan (keunggulan) dan kekurangan masing-masing.

Dropbox Standar: Gratis tapi ukuran penyimpanan (storage) yang diberikan kecil.

Dropbox Business: Ruang penyimpanan besar namun harus bayar per bulan.

Meskipun ruang penyimpanan untuk dropbox standar terbilang kecil (2GB), namun kita bisa mengupgradenya. Cara menggunakan dan mengupgrade dropox untuk mendapatkan storage yang lebih besar bisa Anda pelajari disini Panduan Dropbox.

CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN GOOGLE DRIVE

Sesuai namanya, Google Drive adalah layanan penyimpan file online di internet (cload storage) yang dikembangkan oleh Google. Google Drive terintegrasi dengan Google Doc dan Google Chrome, jadi tidak perlu repot-repot upload file dari Google Doc ke Google Drive, karena file yang ada di Google Doc akan secara otomatis tersimpan di Google Drive. Ruang penyimpanan file yang sangat besar (15 GB). Dan untuk Anda yang ingin mencoba menggunakan Google Drive untuk menyimpan file secara online di internet, berikut tutorialnya:


1. Kunjungi situs resmi Google Drive disini https://drive.google.com

2. Sebelumnya Anda harus memiliki email dari Google atau biasa kita sebut Gmail, jika belum punya silahkan buat dulu, tutorialnya bisa Anda baca secara gratis disini Cara Daftar Email Gmail. Jika sudah silahkan log in dengan akun Gmail Anda.

3. Klik New > File Upload

4. Klik tombol New yang berada di pojok kanan atas, lalu pilih file upload dan selanjutnya pilih yang ingin Anda simpan secara online di internet. Perlu dicatat bahwa ukuran file maksimum yang diijinkan oleh Google adalah sebesar 10 GB.

5. Klik Kanan > Share

6. Karena file yang kita upload secara defaultnya memiliki settingan privacy private, maka kita perlu mengubahnya ke umum, dengan cara klik kanan file yang tadi diupload, lalu pilih Share.

7. Klik Advanced > Change > On Public Web

8. Lanjut, klik Advanced lalu klik Change maka akan muncul 3 pilihan privasi file tersebut, silahkan Anda ganti dari Private menjadi Public. Selanjutnya, klik Done untuk menyimpannya.

Selesai sudah, file sudah tersimpan secara online di internet dengan aman. Saya katakan aman, karena sejauh ini saya belum pernah mendegar server dari Google Drive mengalami error atau semacamnya.

CARA MENYIMPAN FILE ONLINE DI INTERNET DENGAN ONEDRIVE

OneDrive dulu bernama SkyDrive merupakan layanan penyimpanan file online di internet yang disediakan gratis oleh Microsoft. Terdapat fitur menarik pada OneDrive yaitu adanya Recycle Bin, jadi file yang sudah kita hapus masih bisa dipulihkan, namun tetap diberi batas waktu yaitu selama 3 hari setelah penghapusan file dilakukan.


Fitur menarik dari OneDrive yang lain adalah kita bisa mendownload sekaligus file yang sudah kita upload dengan catatan file tersebut tersimpan dalam 1 folder yang sama.

Untuk masalah storage atau ruang penyimpanan, OneDrive menyediakan layanan penyimpanan file sebesar 7GB dan bonus 3GB untuk Anda yang mengaktifkan sinkronisasi dengan aplikasi OneDrive Client versi Mobile (Android & iOS).

Jika Anda tertarik untuk menggunakan situs penimpanan file online di OneDrive, silahkan ikuti caranya dibawah ini untuk menggunakannya.

1. Download software OneDrive Client di https://onedrive.live.com/about/en-us/download/

2. Ada dua pilihan software (OneDrive dan OneDrive Business), pilih saja yang OneDrive.

3. Download lalu Intall dan software OneDrive siap untuk digunakan.

Ukuran file OneDrive hanya 6.8 MB saja, jadi bisa dipastikan tidak akan memberatkan kinerja laptop / komputer Anda.

Beberapa manfaat menyimpan file di internet adalah:

· File bisa diakses dengan mudah dimana dan kapan saja.

· File akan aman dari ancaman virus yang jamak menginfeksi komputer.

· File bisa didownload oleh siapa saja tanpa terbatas ruang dan waktu.

· Sebagai media backup file.

Selamat Mencoba

Oleh: Wahyu K.

(Dikutip dari berbagai sumber)