Cara Menyembunyikan Program dari Start Menu

6 September 2016 Tutorial Komputer


Anda pernah merasa terganggu karena saudara bahkan teman dengan sembarangan dan tanpa izin telah menggunakan komputer atau laptop? Padahal didalamnya terdapat data-data yang penting. Apa mungkin komputer yang Anda gunakan sebagai privacy, sehingga tidak ingin ada orang lain yang bisa menggunakan komputer serta menggunakan aplikasi yang adadi start menu. Sebenarnya Anda dapat menyembunyikan semua program yang terdapat di start menu dengan memakai fasilitas regedit.

Berikut cara menyembunyikan program dari start menu:

  1. Jalankan registry editor dengan cara klik Start -> Run -> kemudian ketikkan "regedit" lalu lanjutkan dengan menekan OK atau ENTER hingga akan muncul jendela regedit.
  2. Jika Anda menghendaki semua program tidak muncul pada semua username, maka masuklah pada HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindows CurrentVersionPolicies
  3. Pada folder policies buatlah DWORD Value baru dengan cara klik kanan pada folder policies kemudian pilih [New] -> [DWORD Value] kemudian namai DWORD Value tersebut dengan "NoStartMenuMoreProgram"
  4. Klik double pada DWORD value yang baru saja dibuat, kemudian isi value datanya dengan angka 1,
  5. Klik OK dan restart komputer Anda.


Jika ingin mengembalikan seperti semula, Anda perlu mengubah value data menjadi 0 dan hapus DWORD Value-nya. Semoga bermanfaat danterima kasih.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)