Cara Menjalankan Visual Basic

1 Maret 2016 Tutorial Komputer   |    Mohammad Abdul Ghofur


Kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara menjalankan Program Visual Basic, tapi terlebih dahulu kalian harus mengetahui bahasa pemrograman, di karenakan dengan adanya bahasa pemrograman Anda akan lebih mudah dan lebih cepat untuk memahami materi yang akan di bahas selanjutnya.

Setelah memahami bahasa pemrograman selanjutnya Anda harus memahami bahasa pemrograman visual basic di karenakan kebanyakan dari Guru dan siswa sebagian besar telah mengenal versi Visual Basic 6, akan tetapi kurang mengenal Visual Basic versi selanjutnya yang dikeluarkan oleh Microsoft. Jika kita belajar versi Visual Basic 2012 maka akan sedikit lebih membingungkan, oleh karenanya kita akan mempelajari Visual Basic 2010 sehingga hanya memerlukan sedikit adaptasi jika kita ingin mengupdate ke Visual Basic versi 2012. Apa itu Bahasa Pemrograman Visual Basic ?

Untuk menjalankan Visual Basic 2010, langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Klik tombol Start -> All Program -> Microsoft Visual Basic 2010
2. Sehingga akan muncul jendela pembuka seperti gambar berikut


3. Tunggu sampai semua modul yang dibutuhkan untuk menjalankan Visual Basic 2010 dimuat. Apabila Anda menjalankan Visual Studio untuk pertama kali, maka akan muncul jendela yang digunakan untuk melakukan pemilihan setting standard. Pilih salah satu jenis lingkungan dari daftar yang disediakan, misalnya pilih Visual Basic Development Setting.
4. Setelah setting standard terpilih, tekan tombol Start Visual Studio untuk menerapkan settingan terpilih dan membuka Visual Studio 2010 dengan settingan yang sudah Anda atur.
5. Setelah proses loading selesai, Anda akan ditunjukkan tampilan utama dari IDE Microsoft Visual Studio 2010.

Semoga bermanfaat.

(Penulis adalah pemilik materitik78.blogspot.co.id
Tulisan lainnya bisa dilihat di sini)