Cara Mengupgrade Ram pada Laptop atau Komputer

16 Maret 2016 Tutorial Komputer


Dalam menjalankan aplikasi pada laptop atau komputer, memory RAM sangat berperan penting. Sekalipun processor yang Anda gunakan memiliki kemampuan yang sangat baik, itu tidak akan berfungsi dengan maksimal jika memory RAM yang Anda gunakan tidak mendukung. Menambah RAM laptop atau komputer sebenarnya memang mudah dan bisa dikerjakan oleh siapapun. Akan tetapi lain jika Anda ingin mengupgrade RAM komputer Anda. Mengupgrade RAM tentu saja perlu dilakukan jika memang dibutuhkan tapi jika memory RAM Anda sudah memiliki kualitas yang tinggi dan sudah sebanding dengan kualitas processor yang Anda gunakan, maka mengupgrade RAM boleh Anda gunakan.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengupgrade RAM pada laptop atau komputer:

  1. Perhatikan type memory RAM yang Anda gunakan dan meng upgradenya kembali dengan type yang sama. Misalnya dari 2 Gb diganti dengan RAM 4 Gb.
  2. Jika Anda sudah mengetahui dan menyediakan memory RAM yang ingin Anda upgrade, maka sekarang Anda boleh membuka cashing cpu atau laptop Anda. Lihat slot memory pada mainboard Anda dan pasang memory yang telah Anda sediakan tersebut, perlu diperhatikan pemasangan memory RAM pada slot mainboard harus tepat. Perhatikan pin memory, jangan sampai pemasangan terbalik, kemudian pasang RAM Anda pada tepatnya.
  3. Jika pemasangan memory pada slot mainboard sudah selesai, tutuplah kembali cashing laptop atau komputer Anda dan sekarang laptop atau komputer yang telah Anda upgrade dari 2 Gb menjadi 4 Gb.


Itulah cara mengupgrade atau menambah RAM pada laptop atau komputer. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)