Cara Mengukur Kecepatan Loading Halaman Web

7 Juni 2014 Tutorial Komputer   |    Tina Yuliani Ayuningsih


Anda memiliki website? Anda ingin agar website Anda dikunjungi banyak pengguna internet? Selain mempertimbangkan SEO (Search Engine Optimization) http://www.kesekolah.com/tutorial/komputer/tips-untuk-mengetahui-backlink-yang-anda-dimiliki.html , Anda juga harus mempertimbangkan kecepatan akses dari website Anda.

Dapat dibayangkan jika website Anda lambat diakses, maka orang akan berpaling ke website lain karena enggan berlama-lama menunggu loading halaman website Anda.

Oleh karena itu, pastikan website Anda cepat diakses. Lalu bagaimana cara mengukur kecepatan loading halaman website kita? Mudah sekali, bukalah situs http://tools.pingdom.com/fpt/ lalu ketikkan URL alamat website yang ingin Anda ukur kecepatannya. Misalnya saya mengetikan www.kesekolah.com, lalu tekan tombol Test Now.

Setelah menunggu beberapa saat, dalam situs itu akan ditampilkan berapa ukuran halaman Anda, berapa lama loading time nya, dan berapa skor performa nya. Semakin tinggi nilai performanya dan semakin kecil load time nya, berarti semakin bagus pula kecepatan loading halaman website Anda. Anda juga dapat membaca saran-saran agar kecepatan loading halaman web Anda semakin membaik dengan mengklik tab Performance Grade.

Nah, berapa kecepatan loading website Anda? Selamat mencoba ya!

(Penulis adalah seorang entrepreneur, web developer, dan pengajar di LKP Kembar)
Web: http://www.rumahpintar-kembar.com