Cara Menggunakan Formula (Rumus) pada Microsoft Word

26 Juni 2014 Tutorial Komputer


Meskipun Ms. Word tidak didesain untuk mengolah angka, setidaknya Word juga mampu mengolah perhitungan rumus sederhana. Formula pada microsoft word adalah tool yang berfungsi untuk menyisipkan rumus pada tabel di microsoft office word seperti halnya pada rumus yang sering digunakan pada microsoft excel. Meskipun tidak sedetail seperti pada microsoft office excel fungsi formula pada ms word sangat membantu pengguna dalam penghitungan yang cepat dan akurat. Formula pada ms word biasanya disisipkan pada tabel karena memang diperuntukan untuk menghitung seperti halnya pada ms excel. Sehingga pada saat data pada kolom tabel di rubah maka data yang lain akan menyesuaikan dengan data yang ada.

Untuk lebih memahami penggunaan formula pada microsoft word, perhatikan gambar dibawah ini.

Pada saat kita membuat tabel pada ms word, tentunya kita akan buat baris dan kolom, sehingga baris dan kolom ini harus sangat diperhatikan ketika kita akan menggunakan formula pada ms word. Karena seperti halnya pada microsoft excel, membuat formula pada ms word juga akan membutuhkan kecermatan dalam pembacaan cell pada kolom tersebut. Cell pada kolom adalah pertemuan baris dan kolom dimana rumus formula tersebut akan disisipkan.

Berikut contoh untuk membuat formula pada microsoft word:

1. Pertama buat tabel pada microsoft word
2. Isikan data sesuai dengan pada gambar berikut.


3. Letakkan kursor pada cell dimana rumus akan diisikan.
4. Klik layout pada menubar, kemudia pilih formula pada group data.
5. Akan muncul jendela formula.


6. Isikan rumus atau formula pada menu formula, seperti halnya pada contoh diatas kita akan mengalikan antara 2 dan 3. Yang harus kita pahami adalah letak dari angka 2 dan 3. angka 2 terletak pada cell A2 sedangkan angka 3 terletak pada cell B2, sehingga kita akan membuat formula " =A2*B2 ".


7. Klik OK dan lihat hasilnya.
8.Untuk membuat rumus pada bagian bawahnya, yaitu perkalian antara 4 dan 5, maka kita juga harus memperhatikan letak cell antara angka 4 dan angka 5.

Semoga bisa bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)