Cara Mengembalikan Komputer Windows ke Settingan Awal

16 Juli 2015 Tutorial Komputer


Komputer dengan system operasi windows merupakan komputer dengan pemakaian nomor satu di Indonesia, dikarenakan pemakaiannya yang mudah dan tidak ribet. Dengan kemudahan dalam pemakaiannya seorang yang awam pun dapat mudah dan cepat jika ingin belajar menggunakan komputer. Tidak heran jika banyak dari pengguna komputer lebih memilih system operasi windows untuk menemani komputer atau laptopnya.

Namun, tidak selamanya komputer OS windows ini berjalan lancar seperti yang kita harapkan, kadang bila kita memiliki kesalahan sedikit saja dengan file-file system pada system operasi windows ini akan berakibat fatal terhadap komputer kita. Selain itu masalah lain yang juga sering terjadi adalah pengaturan-pengaturan windows yang sering diotak-atik sehingga mengakibatkan komputer berjalan tidak normal, Namun jika anda mengalami masalah-masalah di komputer windows yang salah satunya saya sebutkan diatas Anda tidak perlu khawatir dan cemas karena terdapat fasilitas restore yang disediakan oleh microsoft windows dan telah disertakan bersama system operasi itu sendiri. Ingin tahu caranya mengembalikan settingan komputer windows agar normal seperti sebelumnya dengan fasilitas restore ?

Berikut cara mengembalikan Windows ke settingan awal:
1. Nyalakan komputer/laptop anda.
2. klik Start -> All program -> Accessories -> System Tools.
3. Pilih dan klik System Restore.

4. Akan tampil aplikasi restore, lalu pilihlah Recomended Restore, pilihan ini untuk mengembalikan pengaturan windows seperti sebelumnya atau Anda juga bisa memilih Choose a diferent restore point untuk memilih settingan yang akan dikembalikan, kemudian klik next.
5. Pada tahap ini Anda harus mengonfirmasi, setuju atau tidak untuk melakukanya. Lalu klik Finish untuk menyetujuinya, dan jika benar-benar sudah selesai maka akan tampil gambar seperti ini:


6. Selanjutnya komputer/laptop Anda akan melakukan booting dengan sendirinya dan menyelesaikan tugasnya.
7. Setelah selesai maka komputer akan menampilkan dekstop lagi dan bila itu terjadi maka proses pengembalian pun telah selesai dan komputer/laptop Anda telah kembali seperti sebelumnya.

Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat !!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)