Cara Mengatur dan Menjadwalkan Tweet dengan Tweetdeck

9 Oktober 2013 Tutorial Komputer


Twitter, bukan hanya digunakan sebagai social media untuk men-sharing hal-hal pribadi saja, beberapa orang dan perusahaan juga menggunakan twitter sebagai salah satu cara utnuk membranding produk. Namun kesibukan merupakan salah satu penyebab para pengguna ini tidak dapat mentweet pada waktu yang tepat secara konsisten, padahal hal tersebut merupakan faktor yang cukup mendukung dibaca atau tidaknya informasi yang kita tweet. Solusinya adalah kita menjadwalkan informasi yang ingin kita tweet agar muncul pada waktu yang kita inginkan.

TweetDeck
Tweetdeck merupakan aplikasi yang telah resmi menjadi milik twitter. Tweetdeck dapat digunakan langsung online lewat websitenya tweetdeck.com atau kamu dapat menggunakan aplikasinya langsung di komputer.

Cara Menggunakan dan Menambah Akun Twitter ke Tweetdeck

Untuk tutorial ini akan langsung menggunakannya lewat browser karena mudah dan dapat digunakan dimanapun, jika ingin menggunakan aplikasinya, caranya sama saja karena tampilannya kurang lebih sama.

  1. Kunjungi website tweetdeck, sahabat pintar perlu mendaftar untuk dapat menggunakan tweetdeck. Klik Login
  2. Klik create account untuk membuat account, selanjutnya login
  3. Selanjutnya kita perlu menambahkan akun twitter kita kedalam tweetdeck, caranya klik icon gear - setting (dipojok kiri bawah)
  4. Klik submenu Accounts, kemudian klik Add Twitter Account, masukkan akun twitter dan klikAuthorize app. Ulangin langkah ini untuk menambah akun twitter lainnya.


Cara Menambah Kolom
Kolom berfungsi untuk menampilkan informasi dari akun twitter kita, misalnya timeline, direct message, mention dan sebagainya.

  1. Klik icon + (Add column) yang ada di sebelah kiri
  2. Pilih tipe kolom, misalnya Timeline, kemudian pilih timeline akun yang diinginkan, Klik Add Column
  3. Klik Back untuk menambah kolom yang lainnya. Jika sahabat pintar ingin menjadwalkan tweet, aktifkan juga kolom scheduled
  4. Untuk mengatur posisi kolom, klik tanda panah di sebelah kanan kolom kemudian klik tanda panah kiri dan kanan untuk memindahkan posisinya


Menjadwalkan Tweet dengan Tweetdeck

  1. Untuk menulis tweet, klik icon biru yang ada disebelah kiri
  2. Pilih akun yang ingin digunakan untuk mengirimkan tweet, kamu juga dapat memilih semuanya.
  3. Klik icon Jam untuk memilih kapan tweet akan diterbitkan. Jika kamu tidak menentukan waktu, maka tweet akan langsung diterbitkan.
  4. Jika sebelumnya kamu sudah mengaktifkan kolom scheduled, maka tweet yang kamu jadwalkan akan muncul dikolom tersebut. Untuk menghapus, hover tweet kemudian klik link Delete.
  5. Ulangi langkah ini untuk menjadwalkan tweet lainnya


Kesimpulan
Sampai saat ini tweetdeck merupakan aplikasi yang sangat powerful untuk memanage banyak akun twitter, apalagi dilengkapi dengan fitur untuk menjadwalkan tweet. Selain itu, tweetdeck dapat kamu gunakan secara gratis via browser, extension, windows dan mac.

(Dikutip dari pintar.co.id)