Cara Mengatasi Masalah Shutdown di Windows 8

2 Juni 2014 Tutorial Komputer


Ada banyak pemakai windows 8 yang mengeluhkan masalah restart dan shutdown di sistem operasi windows 8, adapula yang mempunyai masalah restart sendiri pada saat layar login muncul dan juga sistem menjadi hang pada saat hendak reboot ataupun mematikan sistem (shutdown). Masalah ini sebenarnya berkaitan erat dengan fitur baru di windows 8 yaitu fitur "Hybrid Shutdown", fitur baru Hybrid shutdown ini berfungsi mengurangi waktu total startup dengan menghibernate sesi kernel dan bukan menutupnya, yang mana nantinya dapat mengurangi waktu windows untuk melanjutkan dari sesi hybernate jadi berkurang daripada harus memuat lagi inisialisasi sistem lengkap.

Mungkin kejadian seperti itu membuat Anda bingung mengira kalau terjadi sesuatu yang tidak beres/ error. Mungkin juga Anda berpikir untuk install ulang lagi. Tetapi tidak perlu bingung dan tidak perlu menginstall ulang lagi karena semua itu bisa diatasi.

Berikut cara mengatasi masalah shutdown di windows 8:
1. Masuk ke Power Setting (caranya: gambar baterai diklik lalu pilih "more power options" atau lebih mudahnya tekan tombol "Start menu + X" pada keyboard, lalu pilih power option).

2. Pilih "Choose what the power button does".


3. Masuk ke System Setting. Pada "when i press the power button" ubah dengan "shutdown". Setelah itu pilih "pilih change settings that are currently unavaible". Hilangkan tanda centang pada "turn on fast statrtup (recommended)". Jika sudah Klik "save changes".


Selesai, silahkan dicoba di shut down, kemudian laptop ditutup dan dibuka lagi. Pastinya Laptop Anda sudah kembali normal. Semoga tutorial diatas membantu problem Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags