Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

15 Agustus 2014 Tutorial Komputer


Penggunaan laptop dalam waktu yang lama terkadang membuat laptop menjadi cepat panas dan tidak baik bagi laptop itu sendiri karena apabila laptop sudah panas maka kinerjanya akan tidak maksimal atau bahkan lelet sehingga akan menghambat pekerjaan Anda dalam penggunaan laptop ini bahkan laptop yang panas dapat menimbulkan sesuatu yang fatal pada laptop kita yaitu terbakar maka dari pada itu kita harus pandai-pandai mengatasi laptop yang cepat panas.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laptop cepat panas, selain letak perangkat keras yang berhimpitan dan menimbulkan sirkulasi udara yangkurang lancar tadi. Namun pada dasarnya hanya disebabkan oleh beberapa perangkat keras yang mengalami sedikit kendala. Perangkat keras tersebut dapat dijabarkan antara lain: prosesor, harddisk, baterai, VGA, dan adaptor.

Berikut cara mengatasi agar Laptop Tidak Cepat Panas:

*. Langkah pertama, Anda harus melakukan pengecekan terhadap komponen laptop yang panas. Mula-mula, Anda sentuh bagian keyboard lalu merabah ke bagian lain dan temukan bagian mana yang mengalami suhu tinggi atau panas. Kemudian bandingkan, panas yang saat ini rasakan apakah sama dengan panas pada saat pertama kali beli laptop. Berhenti melanjutkan apabila panas yang Anda rasakan sekiranya sama ketika pertama kali mengoperasikan laptop karena hal itu masih diambang batas kewajaran.

*. Langkah untuk mengatasi laptop yang cepat panas selanjutnya adalah dengan mengecek pengaturan pada BIOS ataupun dengan mendownload berbagai software yang dapat digunakan untuk setting power laptop misalnya adalah speedfan yang berfungsi untuk mengkontor suhu drive, prosesor, serta komponennya.

Jika lebih panas, maka Anda dapat melanjutkan langkah berikut.
1. Bongkar dengan hati-hati bagian middle cover laptop Anda, angkat dan sisihkan di tempat yang aman.
2. Buka skrup dan angkat penutupnya, lihat bagaimana kondisi perangkat kipas laptop Anda.
3. Lihat bagian kipas yang kotor, Anda dapat membersihkan dengan menggunakan kain halus atau komprosesor untuk menyemprotkan angin agar lebih bersih.
4. Selesai, kini laptop Anda kembali bersih dan panas laptop dapat diminimalkan.

Beberapa langkah antisipasi atau mengatasi laptop panas diatas semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mendapatkan kualitas dan kinerja laptop yang maksimal sehinggga laptop Anda dapat bekerja dengan maksimal.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)