Cara Mengatasi Casing Komuter (PC) yang Nyetrum

11 Juli 2016 Tutorial Komputer


Anda pernah merasakan kesetrum? Kebanyakan dari kita pasti pernah mengalaminya. Apalagi bagi Anda yang sering berhubungan dengan yang namanya perangkat elektronik seperti, komputer atau aliran listrik lainnya. Kesetrum dengan aliran listrik memang sangatlah tidak menyenangkan. Korban kesetrum bisa mengalami lumpuh sementara dan ada juga yangmeninggal. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati dengan yang namanya kesetrum aliran listrik. Salah satu perangkat sehari-hari yang dapat membuat Anda kesetrum adalah casing PC.

Casing PC pada komputer memang dapat mengalirkan aliran listrik jika bersentuhan langsung dengan casing PC yang yang sedang nyala. Tapi, itu tidak akan terjadi jika Anda juga tidak menyentuh dinding atau lantai secara bersamaan. Jadi, jika Anda ingin menyentuh casing komputer dalam keadaan menyala atau on sebaiknya gunakan sandal atau alas kaki. Aliran listrik pada casing PC memang tidak terlalu tinggi, tapi itu akan cukup membuat Anda terkejut. Casing PC dapat menyetrum karena, tidak memiliki sistem grounding sendiri. Sistem grounding adalah sistem yang dapat menetralkan aliran arus listrik pada sebuah perangkat elektronik.


Nah, berikut cara mengatasi aliran listrik PC yang dapat menyetrum dengan menciptakan grounding sendiri pada casing PC. Sebelum memulai, berikut perlengkapan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu.

  • Kabel yang Anda perkirakan ukurannya dari casing PC ke dinding atau lantai rumah Anda.
  • Sebuah paku yang terbuat dari besi yang dapat dialiri listrik.


Setelah perlengkapat tersebut tersedia, berikut cara membuat grounding dengan mengubah aliran listrik casing komputer agar tidak menyetrum lagi.

  1. Ambil kabel listrik tersebut dan kupas kedua ujungnya hingga terlihat seratnya.
  2. Pastikan komputer Anda dalam keadaan mati atau off, dan kabel powernya tidak terhubung ke terminal listrik.
  3. Ambil obeng dan longgarkan salah satu baut yang menahan power supply di casing PC.
  4. katkan ujung kabel yang telah dikupas tadi pada baut tersebut, kemudian kencangkan kembali.
  5. Ujung yang satunya lagi Anda lilitkan pada ujung paku yang sudah Anda tanam pada dinding atau lantai rumah Anda.


Itulah cara membuat grounding manual pada casing PC agar tidak mengalirkan arus listrik yang dapat menyetrum. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)