Cara Mendesain Antarmuka Pengguna Virtual Basic

1 Juni 2016 Tutorial Komputer   |    Mohammad Abdul Ghofur


Langkah awal membuat aplikasi project VB 2010 dimulaidengan mendesain tampilan antarmuka pengguna. Anda dapat mendesain antarmuka dengan menambahkan kontrol ke dalam form dan mengatur properties nya. Anda juga dapat menambahkan kontrol dari Toolbox, untuk menampilkan Toolbox Window dapat menggunakan short-cut Ctrl+Alt+X atau klik pada icon Toolbox yang terdiri dari banyak kontrol seperti Butto, TextBox, Label, ControlBox, CheckBox, dan lainnya.

Control Toolbox terdiri atas semua fungsi kontrol untuk mengembangkan fungsi aplikasi Visual Basic 2010. Kontrol Toolbox secara umum dikategorikan menjadi tujuh yaitu, Common Control, Container, Menu, Tollbar, Data, Component, Printings dan Dialog.


Untuk tahap awalnya, kita akan membahas lebih banyak pada Common Control. Beberapa komponen yang sering digunakan pada Common Control adalah Button, Label, ComboBox, ListBox, PictureBox, TextBox dan lain-lain. Untuk menambahkan komponen-komponen tersebut ke dalam Form, cukup pilih komponen yang dibutuhkan kemudian geser dan letakkan ke dalam form.

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman prosedural dan fungsional dan versi terpopuler adalah versi Visual Basic 6. Microsoft merubahnya menjadi bahasa pemrograman berorientasi objek yang lebih baik dengan meluncurkan Visual Basic.Net, Visual Basic 2005, Visual Basic 2008, Visual Basic 2010 dan versi terakhir adalah Visual Basic 2012. Makanya sebelum mempelajarinya sebaiknya harus memahami dulu halaman antarmuka pemrograman virtual basic, di karenakanantarmuka virtual basic itu ada versinya, apakah versi yang lama atau versi yang terbaru atau yang sudah di kembangkan saat ini.

Kita dapat merubah ukuran dan posisi setiap komponen tersebut dengan mudah serta dapat menambahkan sebanyak mungkin kontrol yang kita inginkan. Akan tetapi sebaiknya hindari form dengan jumlah komponen yang berlebihan.

Selain mengetahui tentang cara mendesain antarmuka pengguna virtual basic, Anda juga bisa dapat mengetahui bagaimana cara membuat program. Selain membuatprogram kalian juga bisa mengetahui tentang macam-macam aplikasi pemrograman, bukan hanya itu kalian juga bisa mendapatkan macam-macam aplikasi mulai komputer, HP atau Driver-driver dengan mendownload aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat.

(Penulis adalah pemilik materitik78.blogspot.co.id
Tulisan lainnya bisa dilihat di sini)