Cara Mencetak / Print Dokumen Mail Merge pada Microsoft Word

16 Mei 2014 Tutorial Komputer


Mencetak atau print out dokumen mail merge atau yang lebih kita kenal dengan surat masal sebenarnya hampir sama dengan mencetak dokumen pada microsoft word biasa, akan tetapi jika kita melakukan dengan cara yang biasa maka yang akan tercetak adalah halaman pertama saja meskipun kita sudah mencetak dengan perintahall pada pengaturan printernya. Pada saat membuat surat masal, maka akan ada banyak halaman yang akan dicetak, tetapi untuk membuka halaman kita harus membuka satu per satu halaman yang ada. Sehingga untuk mencetak semua halaman pada surat masal kita harus menggunakan perintah Finish & merge pada group finish. Dengan fasilitas tersebut kita tidak perlu membuka dan mencetak satu per satu dokumen yang ada.

Berikut langkah-langkah untuk mencetak surat masal pada ms word:
1.Buka surat masal ms word yang akan di cetak
2.Jangan lupa link-an dengan database yang sudah dibuat.
3.Selanjutnya klikmailings pada menu bar ms word
4.Klik Finish & Merge pada group Finish, kemudian pilih print document pada popup menu.

5.Selanjutnya akan muncul jendela merge to printer. Pada jendela ini terdapat pilihan print record: all berfungsi untuk mencetak semua dokumen yang ada, current record berfungsi untuk mencetak lembar dokumen yang dibuka, dan from: ....... to: ...... berfungsi untuk mencetak dokumen berdasarkan nomor halaman dokumen.


6.Jika ingin mencetak semua dokumen yang ada pilih all kemudian klik OK.
7.Atau Anda juga bisa memanfaatkan fungsi from: ... to: ..... , untuk mencetak halama dengan jumlah halaman sesuai dengan kemampuan printer Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat .

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)