Cara Mencegah Copy Data ke Flash Disk

5 Desember 2014 Tutorial Komputer


Salah satucara yang sering dilakukan orang untuk mencuri atau meng-copy data adalah dengan menancapkan flash disk lalu meng-copy file ke dalamnya. Hasil kreasi Anda yang belum dipublikasikan dalam sekejap sudah berpindah tangan. Jika keduluan mempublikasikannya, hasil kreasi Anda akan diklaim sebagai milik orang lain dan Anda yang akan dituduh sebagai penjiplak. Ini jelas bikin sakit hati. Anda tentu tidak mau hal itu terjadi.Salah satu cara mencegah pencurian data dengan cara meng-copy data tersebut ke flash disk adalah dengan memberikan atribut write-protect ke drive flash disk. Dengan cara ini, flash disk merek apa pun, milik siapa pun, tidak akan bisa digunakan untuk menampung file dari hard disk Anda.

Begini caranya.

1. Klik Start > Run, lalu ketikkan "Regedit" (tanpa tanda kutip) dan tekan OK.
2. Dalam Registry Editor, masuk ke HKEY_LOCALMACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control.
3. Klik Edit > New > Key dan beri nama "StorageDevicePolicies" (tanpa tanda kutip).
4. Dalam keadaan "StorageDevicePolicies" terpilih, klik Edit > New > Dword Value dan beri nama "WriteProtect" (tanpa tanda kutip).
5. Klik ganda item WriteProtect dan ganti Value Data menjadi 1, lalu restart komputer/laptop Anda.

Tentu saja cara proteksi ini tidak berlaku jika komputer atau laptop Anda terhubung ke jaringan, tersambung ke internet, atau si pencuri membawa CD/DVD kosong dan meng-copy filenya ke sana.

Tapi, setidaknya satu jalur pencurian sudah ditutup bukan?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)