Cara Mencari dan Mengubah User Menjadi Administrator di Windows

18 Oktober 2017 Tutorial Komputer


Dalam sistem operasi Windows tentunya ada batasan untuk setiap penggunanya. User atau pengguna dengan akses hingga ke semua file atau folder dinamakan dengan user administrator. Sedangkan untuk user yang memiliki batasan akses, dinamakan dengan Guest, atau Standar user. Tapi, user standar atau guest ini bisa saja Anda jadikan sebagai administrator dengan beberapa langkah. Dalam merubah user standar atau guest menjadi Administrator ini sebaiknya Anda sudah benar-benar mempercayai user tersebut. Apalagi jika komputer Anda ini adalah komputer yang digunakan untuk melakukan semua pekerjaan seperti dokumen penting, dan berbagai hal penting lainnya. Pasalnya, dengan akses administrator tersebut maka user baru itu akan dengan mudah untuk mengedit, mengganti, dan juga menghapus semua data atau file yang ada di dalam komputer Anda.

Cara ini ditujukan untuk komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 7. Karena, sistem operasi ini merupakan sistem operasi transisi dari sistem operasi Windows XP yang paling banyak dikenal dan digunakan ke sistem operasi Windows 8, 8.1, hingga ke Windows 10. Di dalam Windows 7 ini menu-menunya tidak jauh berbeda dengan semua versi Windows, sehingga lebih mudah untuk Anda mengaturnya walaupun Anda menggunakan Windows XP atau Windows 8, dan Windows 10.

1. Klik pada tombol Start Windows Anda yang biasanya ada pada sudut kiri layar komputer Anda.


2. Setelah muncul semua programnya, pilih pada opsi Control Panel.


3. Jika halaman Control Panel Windows Anda telah terbuka, silahkan atur terlebih dahulu ikon-ikonnya menjadi ukuran kecil dengan memilih opsi yang ada di kanan bagian atas halaman Control Panel ini menjadi Small Icons.


4. Semua menu sudah terbuka, Anda cukup membuka menu yang bertuliskan User Accounts.


5. Di dalam menu User Accounts ini, silahkan klik pada opsi yang bertuliskan "Manage Another Account".


6. Pilih lagi user mana yang ingin Anda atur, dengan mengklik nama user tersebut.


7. Klik lagi pada opsi yang bertuliskan "Change account type".


8. Di halaman ini Anda akan melihat 2 opsi yaitu, Standar user dan Administrator. Silahkan Anda pilih pada opsi Administrator jika Anda ingin mengubah user tadi menjadi administrator.


9. Klik ke tombol yang bertuliskan "change account type" yang ada di bagian bawah, untuk melakukan perubahan user tersebut.


Kini user yang ingin Anda ubah tersebut sudah berubah menjadi Administrator, yang bisa mengakses semua menu, file, dan juga folder yang ada di dalam perangkat komputer Windows Anda. Untuk mengubah kembali user tersebut menjadi Standar user, maka Anda bisa mengulangi langkah awalnya hingga pada langkah "Change account type".

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)