Cara Memperbaiki Keyboard yang Memiliki Karakter yang Salah pada Komputer

29 Oktober 2018 Tutorial Komputer


Sebagian orang, untuk mengetik secara cepat dan mengetik dengan benar adalah hal yang cukup menantang. Ada hal yang sangat memusingkan Anda ketika keyboard Anda menjadi sedikit "aneh". Terkadang karakter yang ada pada keyboard Anda seperti "diatur ulang," dan pastinya Anda akan mengalami kesulitan untuk mengetik. Meskipun begitu, dalam banyak kasus, ada cara untuk memperbaiki hal ini.

1. Bukalah Control Panel. Ini dapat Anda lakukan dengan cara menekan tombol WIN + R, dan ketikkan Control pada kotak dialog yang muncul, ataupun dengan cara membuka My Computer dan meng-klik Control Panel pada menu Other Places di bagian kiri pada Windows XP. Pada Windows 7, Anda dapat dengan mudah meng-klik tombol Start, dan langsung memilih menu Control Panel di bagian kanan daftar yang muncul.


2.Carilah Regional and Language Options. Kategori pada Control Panel ini tersusun secara alfabet, jadi mencarinya tidak begitu sulit. Dan ketika Anda telah menemukannya, klik dua kali pada menu tersebut. Sebuah jendela akan muncul dengan tab Regional Options, Language Options, dan Advanced pada bagian paling atas.


3. Pilihlah tabRegional Options. Dari sini, Anda akan menemukan menu pull down, sebuah menu Samplesdan sebuah menu Location. Pastikan kedua menu tersebut diatur dengan pengaturan yang Anda inginkan


4. Klik pada tombol Customize yang berada disamping menu pull down paling atas. Terkadang pengaturan ini dapat mempengaruhi keyboard Anda.


5. Klik pada tab Numbers. Periksalah Measurement System, dan periksalah Measurement System Anda diatur dengan Measurement System yang digunakan pada tempat Anda sekarang. Dan setelah tab Numbers telah diatur, pastikan pengaturan Currency, Time, dan Date telah benar semua. Dan tutuplah jendela Customize Regional Options.


6. Klik pada tab Languages. Dan lalu klik tombol Details. Pilihlah bahasa setempat Anda dari menu Default Input Language, dan lalu piihlah keyboard untuk bahasa Anda pada jendele Installed Services.


7. Klik tombol Apply pada bagian bawah. Dan lalu klik lagi tombol Apply pada bagian bawah jendela Regional and Language Settings.

8.Restart komputer Anda, dan lalu ujilah tombol keyboard Anda dengan menggunakan program pengolah kata seperti Notepad atau Microsoft Word.


Jika masalah yang Anda alami masih ada, kemungkinan besar yang menjadi masalah adalah keyboard Anda sendiri.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)