Cara Memperbaiki Hardisk Eksternal yang Selalu Minta Format

2 Februari 2017 Tutorial Komputer


Hardisk ekternal merupakan salah satu alat untuk menyimpan data yang mudah untuk di bawa. Fungsinya memang seperti flashdisk yang portabel. Akan tetapi, untuk hardisk eksternal ini kapasitasnya itu cukup besar untuk Anda gunakan. Sehingga, Anda bisa menyimpan banyak data sekaligus jika memang ada banyak data yang harus dipindahkan. Akan tetapi, hardisk eksternal ini juga cukup rentan terhadap kerusakan. Kerusakan pada hardisk eksternal ini bisa saja tidak terbaca pada komputer Anda, dan ada juga kerusakan yang memberikan notifikasi agar hardisk tersebut diformat. Nah, bagaimana jika data yang ada di dalamnya itu adalah data penting?

Cara ini mudah, cukup dengan menggunakan Command Prompt (CMD) saja:
1. Tancapkan hardisk eksternal Anda di port USB komputer (PC atau laptop). Setelah itu, silahkan Anda perhatikan dan ingat, kalau perlu catat nama drive/partisi dari hardisk eksternal Anda tersebut yang ada pada Windows Explorer.
2. Buka halaman Command Prompt (CMD) dengan cara mengklik tombol Start, lalu ketikkan pada kolom pencarian kata CMD. Atau Anda bisa juga menekan tombol Windows Start + R untuk membuka menu RUN, dan ketikkan "CMD". Untuk Anda yang masih awam, sebaiknya menggunakan cara pencarian di start menu saja.
3. Jika halaman Command Prompt (CMD) tersebut sudah terbuka, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengetikkan perintah CHKDSK /r/f H (H di umpamakan sebagai nama drive atau partisi dari hardisk eksternal Anda). Silahkan Anda ganti sesuai dengan nama drive yang sesuai yang terbaca pada komputer Anda tersebut. Ini jangan sampai salah! Kalau salah masukkan nama drive, bisa saja drive partisi dari hardisk internal Anda yang akan terformat. Dan, data yang ada di dalamnya pun akan hilang.


4. Jika perintahnya tersebut sudah Anda ketikkan dengan benar, maka silahkan Anda tekan tombol enter pada keyboard. Proses ini akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari seberapa besar ukuran dari kapasitas hardisk ekternal Anda tersebut.
5. Setelah prosesnya selesai, maka hardisk Anda tersebut akan di Eject dari komputer Anda. Dan, Anda pun cukup menunggu beberapa saat sampai komputer Anda kembali membaca hardisk Anda eksternal Anda tersebut hingga muncul di dalam Windows Explorer Anda.

Silahkan klik pada partisi hardisk eksternal Anda tersebut. Jika, notifikasi untuk minta formatnya sudah hilang, itu berarti cara ini berhasil Anda lakukan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)