Cara Memperbaiki Bluetooth Laptop yang Rusak di Windows 7

27 September 2019 Tutorial Komputer


Bluetooth sangat penting untuk pengguna laptop karena saat kabel data kita tidak ada maka alternative lainnya yaitu dengan menggunakan bluetooth. Kerusakan bluetooth pada laptop biasanya dikarenakan seringnya penggunaan bluetooth juga karena malware, trojan atau virus yang mematikan fungsi bluetooth itu sendiri pada windows 7. Oleh karena itu maka kita harus langsung mengeceknya pada layanan yang ada di fitur system windows itu sendiri.


Berikut cara memperbaiki Bluetooth laptop yang tidak berfungsi:
1. Klik start kemudian tulis pada menu search programs and files ketikkan: services.msc
2. Maka jendela service akan terbuka seperti berikut

3. Setelah terbuka menu servicenya maka Anda bisa cari pada list device "bluetooth support" kemudian lihat apakah statusnya aktif atau disable. Jika fungsinya disable maka kemungkinan inilah penyebab utama bluetooth tidak berfungsi.
4. Double klik pada bluetooth support service lalu pilih properties. Kemudian tekan start, jangan sampai lupa untuk memilih automatic pada menu drop down startup type agar fitur ini bisa berjalan secara otomatis jika ingin digunakan.
5. Jika sudah berjalan service bluetoothnya kemudian setelah itu coba untuk melakukan transfer file pada bluetooth. Jika belum berhasil maka lakukan restart komputer dan lakukan hal yang sama setelah itu, dipastikan berhasil.

Jika dalam hal melakukan seperti diatas belum berhasil juga maka ada kemungkinan drivernya yang hilang atau terhapus karena virus. Untuk melakukan download driver bluetooth, maka Anda harus mencarinya sesuai dengan merk dan type komputer/laptopnya. Untuk melakukan cara install driver bluetooth hanya melakukannya dengan next, next saja. Untuk melakukan install driver bluetooth, dipastikan laptop/PC Anda 32bit atau 64bit karena jika laptop Anda ternyata 32bit maka tidak bisa digunakan dengan menggunakan software yang 64bit.

Semoga bermanfaat..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)