Cara Memilih Flashdisk yang Baik

14 Oktober 2019 Tutorial Komputer


Flashdisk atau USB Flash Drive merupakan media penyimpanan data yang berbentuk kecil, flashdisk merupakan kebutuhan untuk semuaorang karena semua data dapat kita simpan dan kita bawa kemana-mana kita berada. Untuk sekarang ini flashdisk sudah barang yang mudah dicari karena barang ini merupakan barang yang sudah populer dan dengan harga yang sangat terjangkau sobat sudah bisa mendapatkan flasdisk dengan kapasitas 8 GB.

Terkadang jika akan membeli flashdisk dengan harga yang murah akan langsung tertarik dan langsung membelinya tanpa melihat merk, kualitas dan kuantitas dari flashdisk tersebut. Pengalaman ini yang ane pernah alami dimana setelah 2 bulanan membeli flashdisk banyak terjadi masalah mulau dari tidak terbaca sampai flashdisk terprotect, untuk sobat yang pernah flashdisknya sulit untuk memformat dari terprotect silakan baca disini.

Berikut cara memilih Flashdisk yang baik:
1. Merk Flashdisk

Merk merupakan bagian yang utama dari pemilihan flashdisk karena dalam support Garansi, Standarisasi software, dukungan software dan juga merk yang sudah punya nama biasanya mempunyai kualitas dan kuantitas diatas standar. Banyak sekali merk-merk terkenal dari flashdisk diantaranya yaitu: Kingston, Adata, HP, Transcend, VGen, danbanyak lainnya.

2. Kecepatan Transfer Data
Kecepatan dalam transfer data merupakan bagian yang terpenting pula, karena bila kecepatan transfer data pada flashdisk yang Anda pilih lambat maka transfer copy - paste data akan lambat pula. Dan jika ada yang memakai kabel tambahan dengan menkoneksikan USB flashdisk maka juga akan mempengaruhi sistem kinerja transfer data dari flashdisk.

3. Bahan dan Bentuk Casing Flashdisk
Bahan dan Bentuk casing juga merupakan yang terpenting dalam pemilihan flashdisk. Jika Anda mempunyai flshdisk dan tiba-tiba terjatuh maka komponen dalam flashdisk akan berpengaruh dan mengakibatkan goncangan dan terjadi kerusakan pada komponen. Maka dari itu lebih memilih flashdisk yang terbuat dari karet, untuk meminimalkan kerusakan.

4. Fitur Security
Fitur security dalam flashdisk juga merupakan yang terpenting. Bagi Anda yang ingin menyimpan data-data penting bisa memilih flashdisk dengan fitur security hardware encryption atau seperti USB security Flashdisk Ironkey yang sudah terdapat didalamnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)