Cara Membuat Web Berbasis Wordpress di Cpanel

11 Agustus 2014 Tutorial Komputer   |    Tina Yuliani Ayuningsih


Setelah di artikel sebelumnya kita telah membahas cara-cara membuat website, dan mengetahui seluk beluk CMS Wordpress, kini kita akan membahas bagaimana cara membuat web berbasis wordpress di cpanel.

Apa itu Cpanel? Cpanel adalah online Control Panel yang dapat digunakan untuk mengatur website, membuat email account dan banyak hal lainnya seperti instalasi script. Jika Anda telah membeli domain dan hostingdari penyedia layanan hosting, Anda akan memiliki akses masuk berupa user dan password Cpanel.

Biasanya, alamat Cpanel dapat diakses dengan cara menuliskan seperti ini:
http://www.namawebanda.com/cpanel

Setelah muncul halaman login, masukkanlah user dan password Cpanel Anda. Biasanya, dalam Cpanel sudah disediakan aplikasi auto installer yang bisa menginstal beberapa aplikasi website dalam hitungan menit. Salah satu aplikasi auto installer yang dapat Anda gunakan adalah Fantastico De Luxe.

Klik lah icon Fantastico De Luxe, maka akan muncul halaman seperti berikut:


Pilih Wordpress, maka akan muncul form berikut:


Isi formulir tersebut, lalu klik tombol Install Wordpress.

Mudah bukan? Andapun bisa mendapati instalasi wordpress di hosting Anda sukses dan mulai dapat mengakses halaman web Anda di www.namawebanda.com. Jika Anda ingin mengakses halaman administrator dari web wordpress Anda, biasanya dapat diakses di alamat www.namawebanda.com/wp-admin . Selamat mencoba!

Sekian dulu tutorial dari saya. Nantikan tutorial saya selanjutnya!

(Penulis adalah seorang entrepreneur, web developer, dan pengajar di LKP Kembar)
Web:
http://www.rumahpintar-kembar.com