Cara Membuat Restore Point dan Kegunaannya pada Windows 7

30 November 2018 Tutorial Komputer


Restore point adalah sebuah alat bantu alias utility yang dimiliki oleh windows yang berguna untuk mengembalikan susunan registry bahkan aplikasi yang terinstal ke posisi awal. Jadi, apabila kita misalnya sedang melakukan trial untuk install aplikasi baru yang sebelumnya belum pernah mencoba dan takut terjadi error yang menjadikan windows kita cras, maka kita buat sebuah titik sebelum memasang aplikasi tersebut. Dengan demikian, jika setelah kita install aplikasi baru yang akhirnya bisa menjadikan OS windows kita error, Anda punya sebuah titik atau restore point, dimana kondisi tersebut telah ada sebelum system operasi kita crash. Tanpa kita harus melakukan instal ulang pada laptop atau komputer. Karena cara ini akan memakan waktu yang cukup lama.

Nah, berikut langkah untuk membuat restore point pada windows 7:
1. Klik kanan Computer - Properties
2. Pilih "System Protection"

3. Silahkan agan pilih "Create..."


4. Beri nama sembarang pada kolom yang tersedia. Tujuannya untuk memudahkan kita mencari nantinya. Lalu pilih "Create".


5. Tunggu hingga selesai dan muncul pemberitahuan sukses.


6. Restore point pun sudah jadi

Jika di kemudian hari terjadi error pada windows, maka kita bisa mengembalikan ke kondisi semula seperti awal kita buat. Caranya adalah:

*. Tekan tombol Start -> All Programs -> Accessories ->System Tool -> System Restore. Jika muncul tampilan seperti ini, silahkan pilih Next


*. Pilih titik point yang telah kita buat sebelumnya. Perlu di ingat, restore point yang kita buat selalu memiliki Type Manual, seperti pada gambar.


*. Setelah itu Next
*. Tunggu dan jangan lakukan apapun hingan selesai dan sukses.

Itulah informasi mengenai kegunaan dan cara membuat system restore pada windows 7. Ini berlaku untuklaptop atau komputer.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)