Cara Jitu Menghapus Virus Malware di PC dan Laptop

17 Oktober 2016 Tutorial Komputer


Keberadaan virus atau malware di dalam komputer pastinya akan memperlambat kinerja komputer, dan dapat menimbulkan berbagai masalah. Selain membuat kompoter mengalami respon yang lambat, virus atau malware juga dapat menggandakan atau menghilangkan file dengan sendirinya. Banyak pengguna yang langsung mengatasinya dengan instal ulang os sebagai cara tercepat. Namun hal tersebut tentu saja kurang baik, sebab selain program yang sudah diinstal akan terhapus, kita juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengintal ulang windows dan berbagai aplikasi yang di gunakan.

Jadi apa yang harus dilakukan untuk menyingkirkan virus selain instal ulang?
1. Update windows

Terkadang kita lupa untuk memperbaharui windows di PC sehingga kemampuan memproteksi sistim dari virus semakin rentan. Sebab itu, sebaiknya mengupdate windows PC agar secara otomatis mendownload fitur update. Lalu menginstalnya agar bisa berfungsi dengan baik. Caranya sangat mudah, buka control panel dan cari fitur windows update kemudian instal update terbaru.

2. Selalu update dengan anti-virus
Jika sebelumnya sudah memiliki anti-virus namun tidak sering mengupdatenya, maka tentu saja anti virus tidak akan berfungsi secara optimal dan membuat komputer menjadi rentan terhadap virus. Untuk itu pastikan untuk selalu mengupdate anti-virus agar fitur-fiturnya dapat berfungsi dengan baik.

3.Safe mode networking
Lakukan restart, kemudian tekan F8 dan masuk dengan safe mode with networking bisa juga dijadikan solusi. Kemudian, cari MalwareBytes.org dan download aplikasinya. Setelah terinstal, maka Anda bisa lakukan scan secara menyeluruh untuk menghilangkan malware. Setelah virus malware terhapus, restart kembali komputer.

Selain 3 cara diatas, masih ada cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk menghapus virus yaitu:
a. Membersihkan system restore bisa membantu melenyapkan virus malware dan virus-virus lainnya yang menganggu komputer. Dan Anda bisa memilih drive mana yang di inginkan untuk dibersihkan. Caranya bisa dengan mencari di menu -> all program -> accessories -> system tools -> disk cleanup -> system restore -> clean up -> delete.
b. Jika berbagai cara tidak bisa mengembalikan komputer ke kinerja seperti semula, maka langkah terbaik barangkali dengan melakukan instal ulang. Sebelum menginstal ulang, pastikan telah mem-back-up data-data penting yang diperlukan.

Itulah beberapa cara menghapus virus malware di pc dan laptop. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)