Cara Instal Windows dengan Flashdisk

6 Mei 2019 Tutorial Komputer


Menginstall Windows dengan flashdisk adalah cara yang paling tepat untuk install netbook atau laptop yang tidak ada CD Room nya. Apalagi laptop banyak sekali yang CD Room nya sudah rusak sehingga dari pada membeli CD Room external lebih baik memanfaatkan flashdisk sebagai media instalasi. Anda bisa instal windows 7 atau windows XP sesuai dengan keinginan. Sebelum melakukan instalasi ada beberapa peralatan yang harus dipersiapkan, diantaranya:

1. Soft copy OS windows 7 degan file ISO
2. Software Windows 7 USB DVD Tool
3. Flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB
4. Laptop / komputer yang akan diinstal tentunya.

Jika semua peralatan diatas sudah dipersiapkan, maka yang harus kita lakukan adalah membuat flasdisk instalasi terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah membuat flasdisk installasi windows:
1. Instal Software Windows 7 USB DVD Tool pada komputer Anda.
2. Setelah selesai instalasi, jalankan program Windows 7 USB DVD Tool.
3. Kemudian tancapkan flashdisk yang akan dibuat instalasi ke komputer (jangan lupa backup data flashdisk karena flashdisk akan diformat nantinya oleh program.)
4. Pada tampilan program Windows 7 USB DVD Tool pilih browse untuk memilih file windows yang disimpan tadi. selanjutnya klik NEXT.

5. Pada step kedua pilih USB Device karena menggunakan USB Flashdisk untuk media instalasinya.


6. Pada langkah selanjutnya, aplikasi akan mendeteksi flashdisk yang digunakan selanjutnya pilih begin copy untuk melanjutkan proses. Maka akan muncul menu untuk menghapus semua data flashdisk Anda. Klik erase USB Device untuk memformat flashdisk dan proses akan berjalan dengan sendirinya.


7. Jika ada proses seperti dibawah ini berarti Anda diminta untuk sabar menunggu sampai proses format dan copy data selesai, jika sudah complete maka close program tanpa harus memilih start over lagi.


Jika semua proses selesai maka tancapkan flashdisk instalasi Anda pada laptop yang akan diinstal, kemudian nyalakan. Setting bios Anda agar dan pilih USB sebagai priority bootnya agar komputer bisa mendeteksi flashdisk untuk boot. Selanjutnya jalankan seperti proses instalasi windows seperti biasanya. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)