Cara Gampang Membagi Partisi Hardisk Eksternal Tanpa Software

31 Mei 2019 Tutorial Komputer


Membagi partisi hardisk external bukanlah hal yang sulit bahkan untuk pemula sekalipun, seperti kata pepatah hal yang membuat sulit adalah menyerah sebelum berperang. Bagi yang mungkin baru membeli sebuah hardisk external dan belum mengerti cara untuk membagi partisi, disini akan di jelaskan cara membagi partisi hardisk external tanpa software. Yang di butuhkan disini hanyalah komputer atau laptop menggunakan sistem operasi windows, pada dasarnya semua sistem operasi windows memiliki kesamaan dalam hal pengoperasianya.

Cara membuat partisi hardisk eksternal.
1. Buka windos eskplorer Anda lalu klik kanan pada Computer. Seperti gambar berikut:

2. Setelah itu pilih menu Disk Management, lalu klik kanan pada hardisk eksternal yang akan dibagi dan pilih Shrink Volume.


3. Tentukan kapasitas atau volume partisi yang baru dengan mengisi kolom Enter the amount of space to shrink in MB(Harus ukuran MB). Misal Anda ingin membuat partisi baru dengan kapasitas 10 GB, maka Anda harus menulis angka 10000 (tanpa titik atau koma. Lalu klik tombol Shrink.


4. Nah, space baru (berwarna hijau) telah muncul, namun belum menjadi partisi. Untuk mengantifkannya, maka Anda harus klik kanan dan pilih New Simple Volume dan selesaikan dengan klik Next sampai selesai. Jika sudah selesai, maka warna hijau pada partisi baru akan berubah menjadi biru seperti yang lainnya.

Itulah cara membagi partisi hardisk eksternal tanpa software. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)