Cara Crop Gambar pada MS Word

3 Juni 2014 Tutorial Komputer


Bayangkan kalau Anda punya dokumen yang berisi gambar di tengah-tengah dokumen. Lalu, untuk membuat dokumen lebih rapi, Anda hendak memotong gambar itu. Untuk memotong gambar di Microsoft Word, ada dua cara. Kita bisa mengambil gambar dari dokumen tersebut, lalu menyuntingnya dengan aplikasi pengolah gambar. Itu cara pertama. Cara kedua adalah sunting langsung di Microsoft Word.

Memotong gambar yang mempunyai ukuran sangat besar dapat kita lakukan dengan menggunakan microsoft office word, sehingga pada saat kita menyisipkan gambar pada lembar kerja dan gambar tersebut disaran terlalu besar atau kita ingin mengambil sebagian dari gambar tersebut, kita bisa memotongnya dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan pada ms word. Hal ini dapat menghemat waktu kita dalam bekerja, karena kebanyakan orang belum mengetahui cara melakukannya dan biasanya menggunakan photoshop untuk memotongnya. Kita tahu gambar yang disisipkan pada lembar kerja ms word kadang tidak sesuai dengan keinginan kita karena pada saat pengambilan gambar tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu kita perlu memotong sebagian dari gambar tersebut agar gambar yang disisipkan pada lembar kerja akan kelihatan lebih bagus dan ideal.

Berikut langkah-langkah memotong gambar pada lembar kerja ms word:

1.Buka lembar ms word Anda
2.Sisipkan gambar pada lembar ms word
3.Klik pada gambar.

4.Maka akan muncul menu format pada menubar
5.Pada menu ini pilih menu crop pada group size.


6.Selanjutnya akan muncul tanda bingkai berwarna hitam. Dengan tanda itu kita bisa menggeser untuk memotong gambar sesuai dengan keinginan kita. Tarik ke kiri pada bingkai sebelah kanan dan tarik ke kanan pada bingkai sebelah kiri. Anda juga bisa menarik dari pojok maupu dari bawah dan atas.
7.Jika gambar sudah sesuai dengan keinginan, klik pada lembar kerja.

Jika Anda ingin mengembalikan gambar pada ukuran semula, bisa klik menu format lagi dan klik crop. Selanjutnya geser ke kiri atau ke kanan untuk mengembalikan agar gambar kembali ke ukuran semula. Dengan demikian Anda bisa mengatur bagian gambar yang ingin ditampilkan dan yang ingin tidak ditampilkan. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)