Cara Cepat Menggunakan Paint Klasik di Windows 10

28 Juni 2017 Tutorial Komputer


Windows 10 terbaru membuat program Microsoft Paint yang sangat dikenal menghilang. Namanya memang masih tetap dipakai tapi ditambahkan dengan embel-embel 3D Paint, karena memang sudah support dengan 3D juga. Namun, bagi Anda yang lebih nyaman menggunakan Microsoft paint klasik tentunya harus menyesuaikan lagi dengan 3D paint terbaru ini. Nah, untuk Anda yang memang lebih memilih menggunakan Paint Klasik pastinya akan merindukan aplikasi ini pada Windows 10 Creators Update terbaru ini kan? Untuk itu, cara mengembalikan tampilan dari paint klasik tersebut, Anda bisa ikuti langkah berikut ini.

1. Hapus dulu aplikasi Paint terbaru yang ada di Windows 10 ini dengan nama 3D Paint.
Mungkin Anda berpikiran kalau program atau aplikasi bawaan dari Windows seperti ini tidak bisa dihapus kan? Pada Windows 10 Creators Update Anda bisa dengan mudah untuk menghapus aplikasi atau program apapun tidak terkecuali pada program bawaan sekalipun.

Untuk menghapus program ini, Anda cukup membuka menu Settings, lalu silahkan Anda menuju ke halaman System - Apps & Features. Jika Anda sudah sampai pada tahap ini, maka scroll lagi ke bagian bawah sampai Anda menemukan nama program 3D Paint. Klik Uninstall pada program tersebut. Dengan Anda sudah mengklik uninstall aplikasi tersebut, maka opsi akan kembali lagi ke tampilan Microsoft Paint lama (klasik).


2. Menggunakan opsi tweaking untuk memunculkan tampilan dari paint klasik tersebut.
Caranya dengan membuka program Regedit terlebih dahulu. Setelah regedit Anda terbuka, maka silahkan Anda menuju ke halaman "HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionAppletsPaint". Di dalam folder Paint tersebut, silahkan Anda lakukan klik kanan lalu Anda pilih pada New key, kemudian Anda beri nama pada key baru tersebut dengan nama "Settings".


Setelah folder Settings tersebut selesai, silahkan klik kanan pada folder tersebut, lalu pilih pada New -> DWORD (32-Bit), kemudian beri nama DisableModernPaintBootstrap. Isikan value di dalamnya dengan angka 1.


3. Jika memang Anda tidak ingin repot untuk membuka regedit dan mencari halaman yang panjang tersebut, maka Anda bisa juga membuat string tersebut melalui halaman Command Prompt (CMD). Tapi, pastikan Anda masuk ke dalam halaman CMD sebagai Administrator. Setelah berada di dalam halaman CMD, silahkan Anda ketikkan perintah di bawah ini:

reg add "HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionAppletsPaintSettings" /v DisableModernPaintBootstrap /t REG_DWORD /d 1


Silahkan Anda buka Microsoft Paint Anda, maka tampilan lama (klasik) dari paint akan Anda lihat lagi.


Jika ada update terbaru lagi dari Microsoft, kemungkinan ini bisa membuat tampilan dari paint klasik akan hilang lagi. Jadi, cara tersebut bisa saja tidak bertahan lama, jika Anda selalu mengikuti update dari Windows 10 terbaru ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)