Cara Backup dan Restore Driver PC atau Laptop Melalui CMD

12 Oktober 2016 Tutorial Komputer


Melakukan backup dan restore pada driver komputer seperti PC atau laptop tanpa menggunakan program tambahan dari pihak ketiga atau hanya melalu CMD. Cara ini, hanya menggunakan fitur bawaan dari sistem operasi Windows yang bernama CMD (Command Prompt). Fitur Windows yang masih berbasis CLI (Command Line Interface) ini memang merupakan fitur yang memiliki banyak sekali fungsi dalam konfigurasi sistem operasi Windows. CMD ini pasti akan Anda temukan pada setiap versi dari sistem operasi Windows. Jadi, bagaimana memanfaatkan CMD pada Windows untuk melakukan backup dan restore driver hardware PC atau laptop?

1. Buka fitur CMD di komputer Windows yang ingin Anda backup drivernya. CMD ini bisa Anda temukan pada start menu, dengan mengetikkan pada kolom pencariannya "cmd". Setelah muncul fitur CMD ini, silahkan Anda klik kanan, lalu pilih opsi "Run as Administrator". Jika Anda menjalankan CMD ini dengan mode biasa saja, maka cara ini tidak akan berhasil.

2. Jika halaman CMD Anda telah terbuka, selanjutnya siapkan folder khusus sebagai target untuk menyimpan driver-driver yang akan dibackup nantinya, contoh; membuat folder pada drive F di komputer dengan nama Driver. Dan, folder Driver tersebut nantinya sebagai tempat penyimpanan semua driver bakcup.

3. Setelah selesai membuat folder khusus untuk menyimpan driver Anda, maka silahkan ketik perintah di bawah ini, pada jendela CMD Anda yang telah terbuka tadi.
DISM /Online /Export-Driver /Destination: F: Driver

Pada sebaris kode di atas, Anda pasti melihat kode yang bertuliskan "F: Driver". Nah, itu adalah kode dari folder target penyimpanan driver yang akan dibackup. Silahkan Anda ubah kode tersebut sesuai dengan alamat drive dan juga nama folder yang telah Anda siapkan juga. Jika memang sudah sesuai dengan target folder penyimpanannya, langsung saja Anda tekan tombol Enter pada keyboard Anda, untuk menjalankan kode perintah cmd untuk backup driver tersebut. Saat Anda menekan tombol Enter, maka saat itu pula proses backup langsung berjalan secara otomatis. Silahkan Anda tunggu saja prosesnya hingga selesai.


*. Proses akan dinyatakan selesai, jika sudah ada pesan notifikasi yang muncul bertuliskan "Complete Successfully", yang berarti driver Anda sudah tersimpan pada folder penyimpanan. Silahkan Anda cek folder yang menjadi tempat penyimpanan dari driver Anda tersebut.


*. Nah, kini semua driver komputer Windows Anda sudah selesai dibackup. Kini pertanyaannya adalah, bagaimana cara untuk restore kembali driver tersebut? Anda tinggal ketik perintah berikut pada jendela CMD Anda: DISM /Online /Add-Driver /Driver: F: Driver /Recurse

Sama seperti di atas, Anda pastikan lokasi folder backup tersebut sesuai dengan kode perintah di atas.

Selamat mencoba...

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)