Cara Aman Menggunakan Hotspot Gratis di Tempat Umum

6 November 2019 Tutorial Komputer


Salah satu kelebihan Teknologi Gadget Terbaru adalah keberadaan koneksi Wi-Fi pada perangkat handset-nya, dimana pengguna dimungkinkan bisa terhubung ke internet tanpa menggunakan layanan data pada kartu teleponnya. Para pengguna perangkat elektronik yang mendukung jaringan Wi-Fi, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa tips aman menggunakan hotspot gratis di tempat umum yang tentunya Anda sendiri harus mengetahui tips dan trik gadget ini untuk menjaga keamanan gadget yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, Wi-Fi/Hotspot Wi-Fi merupakan sebuah jaringan yang saat ini bisa Anda akses dengan mudah baik itu di tempat makan/restoran, rumah sakit, dan beberapa tempat umum lainnya yang ada disekitar Anda.

Sebelum menggunakan atau memanfaatkan Hotspot gratis tersebut, perlu diketahui bahwa Anda harus lebih berhati-hati pada saat mengguakan hotspot gratis tersebut, karena selain bisa terserang virus dari jaringan tersebut, besar kemungkinan berbagai macam data yang ada didalam perangkat Anda akan diketahui oleh orang lain yang menggunakan Hotspot Wi-Fi tersebut.

Berikut cara aman menggunakan hotspot gratis ditempat umum:
1. Gunakan Anti Virus Yang Up To Date
Anti Virus merupakan salah satu aplikasi yang dapat menjaga keamanan didalam gadget yang digunakan baik itu smartphone, tablet, ataupun laptop yang Anda gunakan saat ini. Gunakan selalu Anti Virus yang Up To Date supaya terhindar dari phishing, malware, virus spam, dan sejenisnya yang dapat masuk melalui jaringan Wi-Fi/Hotspot tersebut. Bila perlu, para pemilik gadget bisa memasang firewall serta patch operating system terbaru untuk mencegah adanya virus datang kedalam gadget yang Anda gunakan.

2. Gunakan VPN (Virtual Private Network)
Untuk para pengguna smartphone, mungkin bisa menggunakan VPN untuk menjaga keamanan data yang ada didalam smarthpone atau gadget yang Anda gunakan. Dengan menggunakan Virtual Private Network (VPN) ini, meski Anti Virus Anda dapat ditembus, setidaknya berbagai macam data yang ada didalam perangkat/gadget yang digunakan sudah terenskripsi dengan aman.

3. Kenali Layanan Hotspot Wi-Fi Gratis Anda
Saat berada di sebuah restoran, rumah sakit, atau tempat yang terdapat sinyal Wi-Fi Gratis, mungkin Anda akan segera memanfaatkan Wi-Fi tersebut untuk mengakses jaringan internet yang diinginkan dengan menggunakan Wi-Fi Hotspot. Akan tetapi, sebelum memanfaatkan WiFi Hotspot tersebut, alangkah baiknya jika anda mengenali layanan Hostpot gratis tersebut supaya Anda terhindar dari ancaman yang dapat membahayakan data penting didalam gadget yang Anda miliki.

Jangan menggunakan Wi-Fi Hotspot jika Anda merasa ragu, dan jika Anda memang ingin menggunakan Wi-Fi Hotspot gratis tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)