Benarkah Membiarkan Laptop dalam Keadaan Ter-Charge Akan Merusak Baterai?

9 September 2019 Tutorial Komputer


Di Zaman modern ini, laptop sudah merupakan perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai laptop habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mengcharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptop sambil mengoperasikan laptop.

Tetapi di samping itu banyak sekali opini dari orang - orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat, justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru dapat merusak perangkat laptop.

Namun anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Baterai laptop tidak akan rusak jika terus menerus dalam keadaan ter-charge, kecuali baterai laptop Anda tidak menggunakan teknologi lithium.

Anggapan tersebut mungkin benar jika baterai laptop berbasis nikel. Namun kebanyakan perangkat elektronik dan mobile saat ini menggunakan baterai berbasis lithium, yang tidak akan rusak hanya karena sering berada dalam kondisi ter-charge.

Bahkan meninggalkan laptop dalam kondisi ter-charge lebih baik dari pada terlalu sering menguras baterai hingga nol persen kemudian baru di charge. Kondisi tersebut justru yang akan merusak baterai.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)